Yuk Cari Tahu Tips Dekorasi Kamar Anak yang Susah Tidur

Anak-anak merupakan masa di mana energi mereka sedang naik ke level yang paling tinggi, sehingga wajar saja jika anak-anak memiliki perilaku yang hyperaktif seperti senang bermain-main, berlari-lari, dan lain-lain. Namun walaupun seperti itu, anak memiliki kebutuhan istirahat sekitar 8 hingga 12 jam, sehingga seaktif apapun anak, orang tua tetap harus menyuruhnya istirahat agar kondisi kesehatannya tetap stabil. Namun karena energi anak dalam hal ini ada dalam posisi yang tinggi, anak menjadi sulit untuk disuruh tidur. Oleh karenanya orang tua perlu mengupayakan beberapa hal agar anak mau tidur, seperti mendekorasi kamar anak dengan memasang wallpaper dinding murah yang menyejukkan, memasang lampu soft, dan masih banyak lagi.

Dekorasi Kamar Anak yang Susah Tidur

Dekorasi Kamar Anak

Dekorasi kamar menjadi salah satu komponen yang cukup penting dan berpengaruh dalam mempermudah anak agar segera tidur. Hal ini dikarenakan anak mudah terpancing oleh lingkungan sekitarnya, sehingga jika kamar anak memiliki dekorasi yang memungkinkan energinya semakin meluap-luap, anak akan semakin sulit tidur. Adapun beberapa hal yang perlu orang tua upayakan dalam mendekorasi kamar anak agar tidak susah tidur di antaranya:

1. Pencahayaan yang soft

Pasanglah pencahayaan yang soft atau tidak terlalu terang pada kamar tidur anak. Lampu yang terlalu terang akan meningkatkan aktifitas otak anak sehingga mereka dapat menjadi semakin aktif, khususnya pada malam hari. Untuk memberikan pencahayaan yang soft, orang tua dapat menggunakan lampu meja atau lampu baca sebagai sumber pencahayaan kamar anak pada malam hari. Bahkan jika orang tua mampu, matikan lampu meja dan lampu baca tersebut jika anak sudah mulai terlelap. Hal ini akan membuat kualitas tidur anak semakin meningkat.

2. Warna yang netral

Pasanglah warna pada kamar tidur anak, baik mengaplikasikan cat maupun wallpaper pada dinding dengan warna netral yang tidak mencolok di mata. Walaupun pada dasarnya warna terang merupakan warna yang dapat menjaga kefokusan, warna-warna tersebut akan memberikan efek pusing pada kepala anak-anak saat disatukkan dengan wara vibrant lainnya.

Warna netral pun sudah terbukti berdasarkan banyak penelitian yang mengatakan bahwa warna netral dapat memberikan ketenangan. Warna-warna netral yang dapat orang tua gunakan dalam warna kamar anak yang susah tidur yaitu warna-warna pastel. Agar warnanya tidak terlalu pucat, orang tua dapat memadukannya dengan warna gold.

Jika orang tua kesulitan menemukan warna cat seperti itu, orang tua dapat memilih menggunakan wallpaper pada dinding yang memiliki variasi motif lebih banyak.

3. Gorden

Gorden merupakan komponen ruangan yang memiliki dualisme fungsi, yaitu sebagai dekorasi sekaligus sebagai filter cahaya. Pilihlah gorden dengan bahan yang cukup tebal yang memasukkan hanya sedikit cahaya ke dalam kamar. Gorden jenis ini akan membuat kamar menjadi lebih gelap, khususnya pada siang hari sehingga anak tidak akan kesulitan tertidur.

4. Rapi

Karena karakter anak yang sangat atraktif, anak mungkin tidak akan berdiam saja ketika melihat semua permainannya dalam keadaan berserak. Oleh karenanya dekorasilah kamar anak serapi mungkin, hingga menyediakan kotak khusus mainan agar anak tidak terpancing oleh apapun dan dapat tertidur dengan tenang.

5. Kasur

Selain wallpaper dinding dan gorden, hal lain yang tidak kalah penting adalah kasur. Kasur merupakan furitur di mana anak akan tidur di atasnya sekitar 8 hingga 12 jam. Oleh karenanya kasur yang dipasang haruslah kasur yang nyaman dan aman. Pasanglah kasur yang tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil. Hati-hatilah saat memilih kasur yang empuk, karena kasur empuk dapat menyebabkan anak kepanasan.

Itulah beberapa tips dekorasi yang dapat orang tua terapkan di kamar anak yang susah tidur. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *