4 Trik Mudah Menyamarkan Bekas Sambungan GRC yang Mengganggu

GRC atau Glassfibre Reinforced Cement adalah salah satu jenis bahan bangunan yang kini seringkali digunakan untuk menggantikan dinding. Bahan utama pembuatnya adalah beton serta kaca yang kemudian dicetak dalam ukuran tertentu menjadi partisi GRC. Banyak pemilik rumah bahkan kontraktor menyarankan untuk menggunakan GRC. Alasannya adalah begitu banyak kelebihan dari segala sisi daripada dinding batu bata.

Pertama, GRC memiliki berat yang lebih ringan sehingga memudahkan tukang dalam pemasangan. Walaupun ringan, kekuatannya sangatlah tinggi khususnya ketahanan terhadap perubahan cuaca panas dan hujan. Ketika ruangan lembab, GRC tidak mudah berjamur seperti halnya panel gypsum untuk plafon. Karena kekuatan dan ketahanannya tersebut, GRC banyak digunakan sebagai dinding interior, plafon, hingga sekat ruangan.

Cara Mudah Menyamarkan Bekas Sambungan Pada GRC

Trik Mudah Menyamarkan Bekas Sambungan GRC

GRC memang memiliki banyak kelebihan, namun ada satu kekurangan yang seringkali dialami yaitu sambungan antar partisi yang terlihat. GRC dijual dalam bentuk panel atau partisi dengan ukuran lebih kecil. Oleh karena itu, ketika hendak dipasang sebagai dinding yang luas maka pemasangannya harus disambung. Adanya sambungan partisi Glassfibre Reinforced Cement inilah yang seringkali terlihat.

Tampilan sambungan tersebut akan menurunkan tampilan ruangan. Seharusnya tidak ada sambungan yang terlihat, jadi akan memperlihatkan dinding yang utuh. Lalu bagaimanakah cara untuk bisa menyamarkan tampilan sambungan tersebut? Cukup mudah, Anda bisa mengikuti keempat trik di bawah ini:

1.  Teknik Pemasangan yang Benar

Trik Mudah Menyamarkan Bekas Sambungan GRC

Trik pertama adalah mencegah timbulnya sambungan. Sebelum pemasangan GRC sebagai dinding atau plafon dilakukan maka ketahui cara pemasangan yang benar. Bekas sambungan bahkan keretakan bisa muncul karena salah pemasangan. Lebih baik belajar terlebih dahulu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan.

Ciri pemasangan yang baik adalah penggunaan bahan GRC yang berkualitas, menggunakan lem sambungan dengan tepat dan juga pemasangan paku agar tidak muncul retakan. Selama pemasangan berlangsung awasi pekerjaan tukang, jangan sampai mereka bekerja sembarangan. Cek kembali apakah semua pemasangan sudah benar dan bebas dari bekas sambungan.

2. Menggunakan Dempul Pada Sambungan

Trik Mudah Menyamarkan Bekas Sambungan GRC

Trik kedua ini bisa dilakukan ketika pemasangan sudah selesai dan sambungan tetap terlihat di beberapa titik. Mintalah tukang untuk membeli dempul dan aplikasikan pada setiap sambungan partisi Glassfibre Reinforced Cement bahkan di atas paku. Caranya sangat mudah, campurkan dempul dengan sedikit air dan aduk hingga mengental.

Oleskan larutan dempul dengan scrape ke area yang sambungannya terlihat. Setelah itu tunggu kering. Pada saat mengaplikasikan, dempul harus ditekan dan diratakan agar hasil permukaannya lebih rata sekaligus dempul cepat kering. Setelah kering dempul bisa di amplas untuk memperhalus lagi.

3. Pemilihan Cat pada GRC

Trik Mudah Menyamarkan Bekas Sambungan GRC

Trik ini berhubungan dengan finishing yaitu pemilihan jenis cat. Anda mungkin sudah menutup bekas sambungan dengan dempul, tapi tampilan dempul akan terlihat. Oleh karena itu lanjutkan pada tahapan finishing dengan memilih jenis cat yang tepat. Warna apapun bisa Anda gunakan, tetapi perhatikan tingkat glossy yang dihasilkan.

Supaya bekas sambungan bisa tertutup, pilih cat dinding yang memiliki tingkat glossy seperti semi gloss, flat hingga satin. Cat dengan glossy yang lebih tinggi mampu menutup cacat seperti bekas sambungan secara maksimal. Bahkan ketika dinding terkena gores karena pemakaian tetap dapat tersamarkan.

4. Pencahayaan yang Digunakan

Manfaatkan juga sumber cahaya seperti lampu untuk menutupi bekas sambungan. Pilih sinar yang tidak langsung menyinari dinding GRC yaitu non critical lighting. Cahaya akan lebih redup ketika ditembakkan ke arah dinding, jadi cacat seperti bekas sambungan tidak akan terlalu terlihat.

Sebaliknya hindari menggunakan cahaya langsung pada partisi GRC. Cahaya yang ditembakkan langsung akan membuat sambungan terlihat lebih jelas. Walaupun Anda sudah menutupinya dengan dempul dan cat pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *