Ini Dia Tips Penggunaan Roller Blind Vertical

Penutup jendela dewasa ini sudah mengalami banyak pengembangan fungsi. Jika yang anda ketahui selama ini hanya sebagai penutup ruangan, maka saat ini fungsinya menjadi lebih maksimal seperti fungsi estetika, pengatur sirkulasi udara, dan pengatur sinar matahari yang masuk.

Penggunaan gorden perlahan digeser dengan adanya blind yang dinilai banyak kalangan masyarakat lebih mampu memaksimalkan fungsinya. Blind semakin banyak dipilih karena dapat diatur agar tidak menghalangi cahaya matahari masuk secara keseluruhan sehingga ruangan tetap terang dan tidak lembab walaupun tertutup. Selain itu, blind juga memberikan kesan elegan dan formal sehingga cocok untuk ruang kantor, rumah sakit, sekolah dan sebagainya.

Ada berbagai jenis blind yang tersedia di pasar saat ini antara lain: tirai rol kain, horizontal blind, vertical blind, venetian blind, dan wooden blind. Masing-masing jenisnya tentu memiliki keunggulannya tersendiri. Dari berbagai jenis blind, salah satu yang paling banyak digunakan ialah jenis tirai rol karena penggunaannya yang praktis. Di Indonesia sendiri sudah banyak situs dagang tirai rol yang menawarkan harga jual roller blind murah.

Banyak situs online yang saat ini sedang booming mematok harga jual tirai tol murah, sehingga anda bisa mendapatkan benda yang satu ini dengan sangat mudah.

Tips Menggunakan Roller Blind Vertical

Tips Menggunakan Roller Blind Vertical

Namun tahukah anda bagaimana penggunaan roller blind khususnya model vertikal agar dapat memaksimalkan fungsinya sesuai kebutuhan anda? Yukk intip hal penting apa saja yang perlu anda ketahui dalam menggunakan tirai rol vertical

Pertama, tirai rol vertical sangat cocok digunakan pada ruangan yang sempit seperti kamar tidur ataupun ruang tamu. Kesan tinggi akan didapat dengan menggunakan tirai rol vertical.  Pada kondisi ini disarankan menggunakan model blind transparan agar cahaya dapat masuk ke ruangan. Jangan letakkan blind ini pada tempat yang sering di lalui banyak orang karena resiko rusak akan lebih cepat.

Kedua, pastikan ukuran jendela sesuai dengan ukuran blind ketika pemasangan. Ukuran yang tidak sesuai (kurang atau berlebih) akan sangat mengganggu baik secara fungsional maupun estetika. Ukuran yang pas membantu memudahkan anda dalam perawatannya.

Ketiga, anda sebaiknya mempelajari bahan yang baik untuk kondisi maupun lokasi penempatan blind nantinya sebelum memutuskan memilih bahan yang anda ingin gunakan.

Jika anda berencana menempatkan blind pada jendela yang cenderung terpapar langsung dengan sinar matahari sebaiknya digunakan bahan yang memiliki daya hantar panas yang baik seperti kayu, karena jika bahan yang digunakan merupakan penghantar panas yang kurang pas maka panas matahari akan masuk ke dalam ruangan.

Begitu juga umpamanya lokasi yang anda pilih rentan terkena air sebaiknya pilih jenis bahan yang tahan lapuk. Hal ini selain memastikan bahwa kenyamanan tetap terjaga dan blind terjaga lebih lama.

Keempat, pemilihan warna yang tepat akan sangat menguntungkan anda dalam banyak hal. Pilihlah warna yang sesuai dengan konsep interior ruangan. Tirai rol vertical umumnya memiliki warna-warna yang netral seperti putih, cokelat, dan krim. Anda tinggal memilih warna apa yang kira-kira sesuai selera anda.

Kelima, dari segi motif anda juga harus memperhatikan motif yang sesuai dengan konsep ruangan. Ada banyak motif roller blind yang dijual murah dan berkualitas saat ini. Anda tinggal menyesuaikan apakah ingin motif yang elegan, motif yang terkesan mewah, motif klasik, atau minimalis.

Terakhir, pastikan menjaga kebersihan dan merawat tirai rol vertical anda sehingga awet dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *