Tips Memilih Floor Drain yang Berkualitas

Floor drain secara harfiah berarti saringan lantai. Dalam penggunaan sehari-hari floor drain banyak dijumpai di kamar mandi atau tempat buangan wastafel yang gunanya menyaring segala kotoran padat atau serabut agar tidak menimbun dan memampatkan saluran air. Saluran air yang mampat dipastikan akan mencegah aliran air dan kembali ke permukaan. Tentu kondisi seperti ini sangat tidak nyaman dan berakhir pada pengeluaran lainnya yang mestinya tidak perlu terjadi.

Floor drain biasanya berupa saringan seperti saringan teh berbentuk bulat seperti mangkuk dan berbentuk lembaran diletakkan tepaat di atas lubang buangan air. Lubang saringan ini bervariasi besarnya yang terkadang cepat padat akibat banyaknya sampah yang berhasil ditampung. Pengenalan dan kecermatan dalam memilih floor drain sedikit banyak harus diketahui pemilik hunian agar tidak dibuat repot akibat saluran air yang tidak lancar karena salah dalam memilih floor drain. 

Tips Memilih Floor Drain Berkualitas

Mengingat pentingnya benda yang satu ini, menjadi penting untuk memilih floor drain agar tidak merepotkan pemilik hunian. Pahamilah bahwa meremehkan floor drain pada akhirnya akan membuat saluran air yang berupa pipa tersumbat.

Celakanya, jika pipa tersebut tertanam kuat di dalam tembok kamar, tentu ini menjadi pekerjaan ekstra di samping pengeluaran biaya yang cukup tinggi. Sebelum penyesalan tersebut terjadi, ada baiknya mengenal dan memahami tips dalam memilih floor drain yang berkualitas, berikut.

Tips Memilih Floor Drain

1. Floor Drain Mangkuk

Pilihlah floor drain berbentuk mangkuk dan sedapatnya hindari floor drain berbentuk lembaran. Floor drain berbentuk mangkuk di samping lebih kuat juga dapat menyaring kotoran secara maksimal tanpa membuatnya berhamburan ke seluruh lantai.

2. Mudah Dibuka-Tutup

Pilihlah floor drain yang mudah untuk dibuka dan ditutup, serta hindari floor drain yang sulit dibuka-tutup. Floor drain yang sulit dibuka-tutup akan membuat penghuni rumah merasa enggan membersihkan yang berakibat pada memadatnya tumpukan sampah sehingga air tergenang di lantai. Sebaiknya memilih floor drain yang mudah dibuka-tutup agar cepat dalam pembersihan sehingga floor drain selalu bersih dan berfungsi dengan baik.

3. Jumlah Lubang

Pilihlah lubang floor drain yang kecil dan banyak agar air cepat mengalir tanpa banyak menghambat. Lubang  floor drain yang besar tetapi sedikit sangat memungkinkan lolosnya sampah berukuran kecil yang bisa mengendap di sepanjang pipa.

Tips Memilih Floor Drain

4. Bola

Pilihlah florr drain yang memiliki bola di bagian bawahnya. Hal ini penting untuk mencegah masuknya serangga ke dalam ruangan melalui floor drain. Setiap rumah, betappaun bersihnya niscaya akan didatangi serangga akibat kondisi lembab basah dan aroma di sepanjang pipa. Buangan bekas cuci piring menjadi penyebab utama datangnya serangga-serangga ini ke dalam rumah. Dengan bola di bawah floor drain serangga sulit untuk menembus lapisan ini.

5. Bertingkat

Pilihlah floor drain bertingkat untuk memaksimalkan kebersihan dan memastikan kondisi pipa selalu terjaga. Hal yang sama dapat dilakukan untuk mencegah masuknya serangga ke dalam rumah.

Harga Floor Drain

Harga floor dfrain di pasaran umumnya bervariasi antara Rp 60 ribu hingga Rp 300 ribu tergantung kualitas produk. Produk-produk impor terkenal biasanya lebih mahal karena beberapa sebab, tetapi produk lokal dengan kualitas prima dan harga terjangkau juga mudah ditemui. Untuk memastikan kualitas produk yang prima, pilihlah marketplace temtera.com. Toko online tersebut menjual produk yang kuat juga terbukti anti karat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *