Teliti Sebelum Membeli, Ikuti 7 Tips Pengecekan Partisi Gypsum Saat Membeli Ini!

Berencana menggunakan partisi gypsum di rumah? Sudahkah Anda mengetahui manakah kualitas yang baik dan buruk? Memilih gypsum untuk partisi ruanganĀ  adalah tindakan yang tepat, apalagi jika Anda saat ini sedang menghemat budget. Partisi dari gypsum tidak menghabiskan banyak ruang seperti dinding batu bata, kualitasnya juga tidak kalah bagus.

Partisi dari gypsum mudah untuk dipasang, namun pemasangannya harus presisi. Jika tidak salah potong atau bahan yang kurang akan membuat Anda rugi. Jadi sebaiknya, rencanakan dengan benar berapa jumlah gypsum yang harus dibeli sesuai dengan kebutuhan. Anda juga harus memilih dengan tepat gypsum yang berkualitas.

Tips Pemilihan Gypsum yang Bagus pada Saat Pembelian

 

Gypsum yang Bagus

Salah membeli gypsum akan berakibat fatal. Gypsum yang telah dipasang namun kualitasnya buruk tidak akan bertahan lama. Kualitas yang buruk juga memudahkan partisi cepat patah, berlubang bahkan berjamur. Menghindari hal ini Anda harus mengenal kualitas yang baik dari berbagai aspek.

Sebaiknya jangan terburu-buru untuk membeli, Anda bisa membandingkan partisi gypsum dari satu toko ke toko lainnya. Ikuti tujuh tips yang efektif untuk mendapatkan gypsum dengan kualitas terbaik.

  • Mengecek apakah terdapat jamur.

Berapapun jumlah gypsum yang Anda beli, cek kembali apakah muncul titik-titik berwarna hijau atau hitam yang merupakan jamur. Jamur bisa saja tumbuh pada permukaan gypsum karena penyimpanannya di toko yang buruk. Adanya jamur pada gypsum otomatis menurunkan kualitasnya. Pastikan kembali setelah gypsum dikirim, Anda mendapatkan barang yang sama dan bebas jamur.

  • Mengecek apakah ukuran sudah sama dan utuh.

Gypsum yang dibeli harus utuh, tidak boleh retak bahkan bagian ujung yang patah. Cek secara keseluruhan apakah timbul retakan di beberapa bagian. Jangan lupa untuk membawa meteran sehingga mempermudah pengukuran gypsum sendiri. Mengukur gypsum sendiri akan memastikan bahwa Anda mendapatkan ukuran yang tepat.

  • Perhatikan bagian permukaannya.

Tips ketiga adalah memastikan permukaan gypsum adalah rata. Gypsum yang bagus memiliki permukaan yang merata, artinya pada saat dicetak mesin yang digunakan berkualitas. Permukaan gypsum yang bergelombang tidak akan memberikan ketahanan yang bagus sehingga mudah ambruk ketika digunakan sebagai partisi ruangan.

  • Bobotnya sangat ringan.

Saat memilih gypsum cobalah untuk mengangkatnya apakah Anda cukup kuat mengangkat satu lembar gypsum? Jenis gypsum yang berkualitas lebih mudah untuk diangkat sendiri. Artinya bahan yang digunakan berkualitas yaitu gypsum murni dengan tidak banyak campuran. Berat normal gypsum dengan ketebalan 9mm adalah 15 kg. Beda dengan gypsum yang memiliki bobot lebih berat artinya terdapat banyak campurkan yang menurunkan kualitasnya.

  • Kertas pelapis yang masih bagus.

Partisi gypsum memiliki bahan pelapis dari kertas yang kuat. Kertas yang digunakan tidak mudah robek ketika papan di bor atau dipasang. Kertas juga tidak boleh menggelembung dan tidak bolong ketika Anda mengeceknya.

  • Memiliki Standar SNI.

Pastikan Anda hanya membeli gypsum yang sudah memiliki standar SNI. Artinya gypsum telah diuji coba kualitasnya dan sudah pasti memiliki kualitas yang bagus. Cek apakah terdapat lisensi SNI yang biasanya menempel pada bagian ujung gypsum.

  • Gypsum bergaransi.

Tidak banyak toko atau pabrikan gypsum yang menyediakan garansi, padahal ini penting untuk memastikan Anda hanya membeli barang berkualitas. Harga gypsum yang bergaransi memang sedikit lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Namun Anda akan mendapatkan penggantian ulang apabila terjadi kerusakan pada gypsum karena pembuatan gypsum yang kurang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *