Perlengkapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Teknisi Mechanical Engineering

Beberapa peralatan yang wajib digunakan untuk bekerja untuk mengurangi potensi bahaya pada pekerja itu sendiri maupun orang lain. Penggunaan alat – alat tersebut sudah diatur oleh Menteri Tenaga Kerja.

Alat Pelindung Diri K3

Alat Pelindung Diri K3

 

Yang membutuhkan alat tersebut yaitu seperti mekanikal elektrikal dan juga kontraktor mekanikal elektrikal. Alat – alat tersebut dijelaskan di bawah ini.

1. Sepatu Boot atau Sepatu Karet

Digunakan untuk pengaman ketika bekerja di tempat yang berlumpur maupun tempat yang becek. Serta dilapisi dengan bahan metal yang bisa melindungi kaki dari benda berat ataupun benda tajam, cairan kimia, benda panas, dan lainnya

2. Safety Belt atau Sabuk Keselamatan

Safety belt digunakan untuk menghindari adanya kontak pada saat mengendarai pesawat terbang, mobil, maupun alat – alat berat lainnya.

3. Respirator atau Masker

Berfungsi sebagai penyaring udara dan pelindung debu dari udara yang dihirup saat bekerja di tempat yang memiliki udara dengan kualitas buruk. misalnya beracun maupun berdebu.

4. Gloves atau Srung Tangan

Digunakan untuk melindungi tangan saat bekerja di situasi dan di tempat yang mengakibatkan cidera tangan. Bentu dan bahan sarung tangan digunakan sesuai fungsi pekerjaan.

5. Ear Plug / Ear Muff atau Penutup Telinga

Berguna untuk menutup telinga dari suara yang sangat keras. Karena telinga tidak bisa menahan suara yang tinggi dan memekakkan suara.

6. Safety Harness atau Tali Pengaman

Alat pelindung ini sangat dibutuhkan pada pekerjaan yang dilakukan di ketinggian yang lebih dari 1,8 meter. Bertujuan untuk melindungi pekerja dari potensi jatuh dari ketinggian.

7. Safety Glasses atau Kacamata Pengaman

Kacamata ini berfungsi untuk pekerjaan permesinan atau pengelasan berguna untuk menghindari mata dari percikan api saat melakukan proses pengelasan dan juga melindungi dari serpihan besi pada saat melakukan proses permesinan.

Baca juga: Sejarah Gaya Klasik yang Selalu Berhasil Memukau Mata!

8. Safety Shoes atau Sepatu Pelindung

Bentuknya seperti sepatu biasa namun berbahan metal dengan dilapisi karet untuk lapisam solnya. Berguna untuk mencegah tertimpa dari benda tajam, berat, cairan kimia, benda panas, dan lain – lain

9. Face Shield atau Pelindung Wajah

Digunakan untuk melindungi muka dari percikan benda asing yang biasanya terjadi saat melakukan pekerjaan menggerinda

10. Safety Helmet atau Helm Pelindung Kepala

Alat ini berfungsi untuk melindungi kepala dari tertimpa benda baik secara langsung maupun tidak langsung

Alat pelindung diri ini sudah seharusnya digunakan oleh seluruh pekerja terutama pekerja project baik di lapangan maupum di dalam kantor. Namun banyak pekerja yang tidak seberapa peduli akan hal itu sehingga memperbanyak terjafinya kecelakaan kerja. Meskipun setiap pekerja memiliki asuransi tetapi siapa yang mau sakit kan? Apalagi pekerjaan di project merupakan tergolong pekerjaan berat. Alat pengaman tersebut juga harus sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) atau sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pemerintah. Setiap perusahaan pasti memiliki bidang K3 guna memantau kesehatan dan keselamatan para pekerjanya. Walaupun Alat Pelindung Diri atau yang biasa disebut dengan APD ini tidak bisa melindungi tubuh secara keseluruhan namun setidaknya bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan di dunia kerja. Tetapi alat pelindung diri ini juga memiliki kekurangan seperti tenaga kerja belum merasa aman karena ukuran yang tidak sesuai dengan tubuhnya, kemampuan perlindungan yang tidak menyeluruh atau tidak sempurna, dan membuat komunikasi antar para pekerja menjadi terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *