Perhitungan Pajak Memasang Reklame Neon Box

Neon box merupakan salah satu cara modern dalam dunia advertising, di mana ia berfungsi untuk memasarkan produk di area tertentu. Bentuknya yang unik didukung adanya pencahayaan yang memungkinkan iklan terlihat pada malam hari membuatnya sering digunakan dalam media periklanan. Namun masih banyak yang tidak mengetahui besarnya pajak reklame neon box serta aturan pemasangan yang berkaitan dengannya.

Cara Perhitungan Pajak Reklame Neon Box

Setiap daerah memiliki peraturan yang berbeda-beda mengenai tarif pajak dari neon box, hal ini dikarenakan pajak masing-masing daerah juga berbeda sesuai dengan kebijakan pemerintahnya. Namun secara umum jumlahnya pajak yang harus dibayar seseorang bisa diprediksi dan dianggarkan dengan menggunakan rumus perhitungannya pajak berikut

Lamanya waktu pemasangan (hari) x luasnya neon box x tarif pajak x 25% = pajak yang harus dibayar

Lamanya waktu pemasangan terhitung dalam bentuk hari, misalnya seseorang memasang neon box selama 2 bulan, maka sudah terhitung 60 hari. Lalu dimasukkan rumus dengan mengalikan luasnya neon box yang dipasang dalam hitungan meter kubik, yakni panjang x lebar x tinggi. Setelah diketahui luasnya neon box maka dikalikan dengan tarif pajak di daerah tersebut, misalnya pajak di Surabaya dan terakhir dikali 25%.

Jenis Reklame yang Tidak Kena Pajak

Pada dasarnya pajak untuk reklame neon box berlaku untuk semua reklame yang di pasang di tempat umum demi kepentingan pribadi atau bisnis berapa pun ukurannya. Namun, ada beberapa reklame neon box yang tidak terkena pajak, yakni reklame neon box yang diselenggarakan pemerintah untuk kebaikan masyarakat.

Selain itu reklame neon box yang dipasang untuk pemberitahuan bangunan milik tertentu agar tidak disalahgunakan juga masih bebas pajak dengan syarat tertentu yang berlaku, seperti luasnya tidak melebihi 1 meter persegi.  Neon box yang bertujuan untuk  memberi informasi atau menunjukkan tempat sosial religius seperti panti asuhan, dan masjid juga bebas pajak.

Area yang Bebas Pajak

Jika ingin memasang iklan produk untuk kepentingan bisnis tanpa dikenai pajak reklame neon box, maka bisa dilakukan dengan syarat membangunnya di tempat yang sudah menjadi hak milik pribadi. Misalnya pemasangan iklan produk perusahaan di dalam kantor, atau memperkenalkan jasa kesehatan seperti dokter, di halaman rumah milik dokter itu sendiri. Tentu tidak akan terkena pajak pemerintah, karena pemasangan tidak mengganggu kepentingan umum dan tidak menggunakan tanah umum milik pemerintah.

Sanksi Jika Tidak Membayar Pajak

Masih banyak ditemui beberapa oknum yang memasang neon box secara ilegal dan lari dari tanggung jawab membayar pajak.  Hal ini tentu sangat merugikan pemerintah, dan masyarakat umum yang menggunakan area tersebut.

Bagi mereka yang tidak membayar pajak untuk reklame neon box ini tentu akan dikenai sanksi, dari yang paling sederhana dalam bentuk teguran hingga yang koersif. Adapun bentuk yang paling sederhana adalah sanksi sosial berupa tulisan pada reklame yang dipasang bahwa belum membayar pajak, hingga pembongkaran reklame secara paksa. Hal ini tentu akan merugikan nama perusahaan atau perorangan yang memasang reklame neon box.

Demikianlah perhitungan pajak yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan pemasangan. Dengan mengetahui perhitungan ini, maka orang yang pertama kali ingin memasang neon box akan mengetahui bahwa pemasangan tidak boleh dilakukan seenaknya. Melainkan ada aturan dan tarif pajak reklame neon box yang harus dibayar dan ditaati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *