Pasang Dak Beton untuk Bangunan Berlantai? Berikut Tips Mencegahnya agar Tidak Ambruk!

Proses pembangunan sebuah bangunan atau rumah, tidak bisa dilepaskan dari berbagai elemen penting penyusunnya. Dari mulai pondasi, bagian dinding, lantai, hingga bagian atapnya. Seperti atap, elemen ini cukup penting untuk melindungi penghuni dari panas maupun hujan. Bagi kebanyakan masyarakat, dak beton menjadi salah satu jenis konstruksi atap atau lantai yang banyak digunakan.

Untuk rumah berlantai misalnya, sebagai pemisah lantai satu dengan lainnya, maka dipasangi dak beton ini. Dari pengertiannya, dak adalah pembatas yang dibuat dari adonan beton. Ada juga dari kayu bahkan tanah liat. Meskipun begitu, dak ini bisa saja keropos dan ambruk, lho! Lantas bagaimana cara mencegah dak beton ini ambruk? Yuk, simak ulasan berikut!

Penggunaan Bahan yang Tepat

Pencegahan dak beton ambruk, tentu bisa dimulai dengan proses pembuatannya yang tepat dan sesuai. Dalam proses pembuatan, tentu Anda atau tim yang bekerja harus mempersiapkan bahan-bahan untuk pembuatan dak beton ini. Karena jenis yang digunakan adalah beton, maka yang perlu dipersiapkan adalah bahan-bahan untuk adukan beton.

Tak hanya itu, beberapa material lain pun perlu dipersiapkan dengan baik. Termasuk besi yang dijadikan sebagai rangkanya. Sesuaikan kualitas bahan dengan kebutuhan struktur yang akan diaplikasikan. Jika memang tidak lazin, maka bahan yang berkualitas mumpuni harud disiapkan. Begitupun dengan bahan-bahan untuk proses waterproofing integral atau jenis lainnya sebagai finishing nantinya.

Proses Pemasangan Terstandarisasi

 

ketebalan beton yang pas

Tak hanya bahan, proses pemasangan memegang peranan sangat krusial untuk pencegahan dak beton yang tidak ambruk. Ketika struktur dak rupanya mengalami kerusakan, maka bisa jadi penyebab utamanya dipicu karena proses pemasangan yang tidak tepat. Ada beberapa perhatian dan catatan penting yang harus diperhatikan saat proses pemasangan berlangsung. Semakin tepat, semakin kuat juga strukturnya.

Ada baiknya, saat proses pemasangan dilakukan sesuia standar. Dari mulai menghitung dimensi jumlah penggunaan besi tulangan sesuai ukuran, ketebalan beton yang pas sesuai dengan gaya tekan nantinya, hingga pada proses penyatuan dan pemasangan rangka tulangan besi. Hindari penggunaan besi berlebih karena bisa menambah bobot. Pun usahakan ketebalannya minimal 8 cm untuk dak atap.

Gunakan Hasil Adukan yang Rata

Salah satu karakteristik dak beton yang baik adalah permukaannya yang solid atau kuat untuk menahan beban. Begitu pun fungsi dan estetikanya di mana bisa dihasilkan dari pengerjaan yang rapi dan merata. Pada dasarnya, pembuatan dak beton ini tidak bisa sembarangan. Begitu halnya dengan proses pengadukan bahan-bahan yang akan dijadikan sebagai adukan beton.

Untuk pembuatan dak ini, adukan harus benar-benar homogen atau merata agar hasilnya maksimal. Ketika teksturnya terlalu cair, maka bisa bisa menimbulkan segregasi yang bisa memperbesar kemungkinan dak mudah keropos. Dari keropos itulah, dak akan lebih mudah ambruk yang pastinya tidak diinginkan.

Lapisi Permukaan dengan Waterproofing

 

Lapisi Permukaan dengan Waterproofing

Mencegah dak beton agar tidak ambruk pun bukan hanya pada bahan dan prosesnya saja. Namun juga sejauh mana Anda mempersiapkan hal tersebut agar tidak terjadi. Untuk menghindarinya, maka usahakan agar mengaplikasikan cara lain yang bisa mencegahnya, seperti dengan pemasangan waterproofing integral untuk bagian lantai atau basement. Hal ini dilakukan agar permukaan dak kedap terhadap air rembesan dari tanah atau air lainnya.

 

waterproofing membrane bakar

Sementara untuk bagian dak beton atap, atau sebagai pembatas lantai bawah dengan lantai atas, pelapisan waterproofing pun bisa dilakukan dengan jenis yang berbeda. Untuk atap ini, sebaiknya gunakan pelapis kedap air waterproofing membrane bakar. Kedua proses pelapisan sebagai finishing ini bisa membuat permukaan dak jadi lebih kuat dan tahan lama. Dengan begitu, kemungkinan dak yang ambruk pun akan jadi sedikit atau bahkan tidak sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *