Mengintip Rahasia Pengaturan Ruang Kerja yang Sehat

Bekerja merupakan suatu hal yang harus dilakukan seseorang untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari – hari. Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu professor di Amerika Serikat, seseorang menghabiskan waktu delapan hingga sembilan untuk bekerja dalam satu hari atau dengan kata lain mereka menghabiskan waktu 40 jam dalam seminggu. Karena banyaknya waktu yang dihabiskan di lingkungan kantor, sudah pasti karyawan memperlukan lingkungan kerja yang sehat dan nyaman sehingga bisa memberikan dampak positif bagi mereka. Mulai dari memperhatikan kebersihan sekitar, alat – alat yang digunakan, situasi dan kondisi lingkungan kerja, hingga desain ruangan kerja.

 

Ruang Kerja yang Sehat

Karena sebagian besar karyawan menghabiskan waktunya di dalam ruang kerja, maka memperhatikan ruang kerja sangat penting dilakukan oleh perusahaan. Menurut penelitian, ruang kerja yang nyaman akan meningkatkan produktivitas para karyawan dan secara tidak langsung juga berdampak positif bagi perusahaan itu sendiri. Sehingga tidak heran jika beberapa perusahaan besar yang ada di Indonesia maupun luar negeri memiliki tim kontraktor kantor sendiri untuk mendesain perusahaan mereka. Mulai dari desain bentuk perusahaan hingga mendesain ruang kerja para karyawan kantor.

Tips Mengatur Ruang Kerja yang Sehat dan Nyaman

Dalam mendesain ruang kerja dilakukan khusus oleh tim kontraktor interior kantor, dimana mereka bertugas untuk mendesain interior ruang kerja yang sehat dan nyaman untuk ditempati para karyawan. Namun jika perusahaan Anda tidak memiliki tim kontraktor, maka Anda bisa memperhatikan tips tentang bagaimana cara mengatur ruang kerja yang nyaman namun tetap sehat, berikut ini :

1. Perhatikan Pencahayaan yang Masuk ke Dalam Ruangan

Tahukah Anda jika salah satu kriteria ruangan yang sehat adalah mendapatkan pencahayaan serta udara yang cukup? Meskipun Anda ruang kerja Anda bisa mendapatkan pencahayaan dari lampu di pagi hari hingga malam hari, tentunya Anda tetap membutuhkan pencahayaan dari sinar matahari. Selain bisa menghemat energi ternyata sinar matahari juga bermanfaat untuk tubuh. Jika ruang kerja Anda cukup luas maka setidaknya harus ada 3 hingga 4 ventilasi udara. Anda bisa menggunakan roll blind untuk mengatur pencahayaan yang masuk ke dalam ruangan.

2. Gunakan Properti yang Nyaman Dipakai Karyawan

Sebagian besar karyawan pasti menghabiskan waktunya di depan komputer kantor. Sayangnya, terkadang beberapa dari mereka mengalami keram sendi akibat terlalu lama duduk dengan posisi yang tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan meja dan kursi yang fungsional, sehingga karyawan bisa duduk bekerja dengan jangka waktu yang lama.

Baca ini juga: 5 Tips Mendapatkan Harga Cat Tembok Murah Tapi Bagus

Selain itu, Anda bisa menempatkan lemari es atau pantry kecil untuk bersantai para karyawan dalam ruang kerja. Ketika mereka bosan untuk bekerja dalam waktu lama, mereka bisa beristirahat dengan membuat secangkir kopi atau es yang tersedia di pantry.

3. Gunakan Pewangi Ruangan Otomatis

Tahukah Anda, ruang kerja yang harum dapat membuat seseorang betah untuk berlama – lama di dalam ruangan? Udara harum dan fresh bisa membuat semangat tetap terjaga. Anda bisa memakai pengharum ruangan otomatis, dimana Anda tinggal mengatur berapa menit sekali alat tersebut menyemprotkan cairan pengharum ruangan tersebut.

4. Perhatikan Interior Ruang Kerja

Faktor lain yang membuat karyawan betah di dalam ruangan adalah interior ruangan itu sendiri. Jika Anda perhatikan, kontraktor interior kantor milik perusahaan besar hanya terdiri dari dinding yang dicat putih atau warna monoton lainnya. Sehingga Anda bisa mencoba cara lain yaitu dengan cara mengecat ruangan dengan warna – warna kalem atau warna cerah namun tidak mencolok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *