Mengenal Kegunaan Floor Harderner Bubuk Ajaib Pengeras Beton

Floor Hardener mungkin menjadi sesuatu yang kedengarannya asing di dengar bagi kebanyakan orang. Faktanya, Benda ini adalah sebuah bubuk ajaib yang digunakan untuk mengeraskan beton. Gunanya, untuk memperkuat beton yang sering kali dilalui oleh benda berat. Barangkali, anda akan membangun sebuah gudang atau pabrik yang memungkinkan pemasangan mesin berat atau truk yang berlalu-lalang setiap saat. Ini dia fungsi floor hardener yang anda harus ketahui sebagai pertimbangan anda.

Mengulik Si Bubuk Ajaib Pengeras Beton

Pada dasarnya, floor hardener adalah material bubuk yang terbuat dari campuran pasir, grading, semen, silika, pigmen, dan bahan-bahan lainnya. Fungsi dari benda ini adalah meningkatkan kekerasan beton, mencegah terjadinya abrasi, dan meminimalkan debu pada permukaan lantai beton. Wow, walaupun hanya bubuk, tapi fungsinya luar biasa, ya!

Biasanya, floor hardener sangat diperlukan dalam pembuatan beton pada lantai garasi, area parkir, gudang, dan pabrik yang menggunakan mesin berat. Mungkin sebelum membangun gudang atau parkir, ands bisa pertimbangkan baik-baik untuk memakai floor hardener karena dapat melindungi beton anda dari kerusakan.

Floor hardener memiliki dua jenis bahan yang berbeda dan harga yang berbeda pulan seperti berikut :

  1. Bahan natural adalah bahan yang hampir mirip dengan warna semen atau beton. Harganya relatif murah
  2. Bahan berwarna adalah  bahan yang kualitasnya diatas bahan natural. Bahan ini memiliki warna seperti kuning, merah, dan hijau. Harganya lebih mahal dari bahan natural.

Sangat penting untuk mengetahui penggunaan material floor hardener harus sesuai dengan kondisi lalu linta yang dibedakan menjadi 3 macam yaitu :

  1. Lalu-lintas rendah : contohnya seperti gudang kecil dan tempat parkir di rumah.
  2. Lalu-lintas menengah : contohnya seperti area pabrik. Biasanya untuk lalu-lintas menengah floor hardener yang digunakan adalah 3kg/m².
  3. Lalu-lintas tinggi : contohnya seperti lantai pabrik yang menggunakan alat berat. Floor hardener yang digunakan berkisar 5kg hingga 7kg/m².

Floor hardener juga memiliki berbagai macam merk produk yang bisa anda pilih seperti Faricon, Sika Chapdur,  dan Fosroc Ultrachem. Harga floor Hardener berkisar dua 2 hingga 10 ribu rupiah perkilogram.

Baca juga: Berdasarkan Jenis Materialnya, Ini 3 Atap Yang Paling Awet !

Proses Mengaplikasikan Floor Hardener

Proses pengaplikasian Floor hardener bisa dibilang tidak mudah, seperti yang dijelaskan di atas, anda harus mengaplikasikan alat ini sesuai dengan tingkat lalu-lintasnya. Hingga saat ini, banyak jasa Floor hardener yang dapat membantu anda mengaplikasikan alat ini sesuai standar internasional.Jika pengaplikasiannya gagal, maka sangat disayangkan anda harus merogoh kocek lebih untuk mengulang pengaplikasian alat ini. Perhatikan langkah-langkah pengaplikasian Floor hardener yang tepat seperti berikut ini :

  1. Pertama, anda harus membuat beton dengan tebal minimal 15cm. Kemudian tuang beton.
  2. Kedua, pakailah besi yang lurus untuk meratakan beton yang anda tuantuang. Kemudian haluskan permukaan beton dengan trowel.
  3. Ketiga, check kesiapan beton sebelum mengaplikasikan bubuk Floor hardener.
  4. Keempat, taburi Floor hardener dengan takaran yang sudah diukur. Takaran harus menyesuaikan kondisi lalu lintas seperti penjelasan diatas.
  5. Kelima, tunggu sampai bubuk Floor hardener memadat. Biasanya, hal ini akan memakan waktu yang cukup lama.
  6. Keenam, lakukan penghalusan dengan baling logam yang diputar secara halus. Anda harus melakukan hal ini secara perlahan-lahan agar hasilnya halus.
  7. Finishing, lakukan pengaplikasian.

Agar pengaplikasian Floor hardener yang anda lakukan berhasil, usahakan tempat anda melakukan pengaplikasian tidak dilalui oleh benda-beda berat seperti truk dan mobil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *