Mengenal Aneka Macam Jenis Plafon dan Keunggulannya

Saat membangun sebuah bangunan seperti rumah kita juga harus memperhatikan bagian atap, agar nampak indah pemasangan plafon bisa menjadi pilihan terbaik. Ada banyak sekali macam-macam plafon yang bisa kamu pilih, sesuaikan dengan selera dan jangan lupa memperhatikan keunggulannya. Untuk rumah dengan kesan klasik plafon kayu bisa menjadi pilihan, bila menginginkan rumah yang tenang bisa memilih plafon akustik,  jika ingin harga murah meriah kamu bisa memilih plafon triplek dan untuk rumah modern bisa menggunakan plafon gypsum.

Plafon adalah pembatas ruangan dan atap yang memiliki banyak sekali kelebihan. Adapun berbagai kelebihan plafon di antaranya sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan, digunakan untuk meletakkan socket lampu, menyembunyikan kabel yang berantakan dan digunakan untuk meminimalisir kebocoran atap.

Macam-macam Jenis Plafon

Di zaman dahulu plafon kayu dan triplek menjadi plafon populer karena masih terbatas, namun di zaman milineal kamu bisa memilih beragam plafon dengan harga terjangkau dan kualitas tinggi. Walaupun pada kenyataannya masih ada plafon terbatas yang hanya ditemukan di daerah tertentu, yaitu plafon jenis akustik. Untuk mendapatkan plafon langka ini kamu harus datang ke tempat jual plafon akustik yang bisa ditemukan di kota-kota besar. Berikut berbagai macam jenis plafon sekaligus kelebihan yang dimilikinya :

1. Plafon Triplek

 

Plafon Triplek

Di zaman dahulu plafon jenis triplek pernah menjadi primadona sebelum plafon gypsum muncul, hal ini disebabkan jenis plafon ini cukup mudah dipasang dan harganya juga terjangkau. Namun, plafon jenis ini akan menampakkan sekat yang menjadikannya kurang artistik, sehingga tidak heran jika sekarang banyak yang beralih memilih plafon gypsum. Selain itu triplek yang memiliki ketebalan 4 mm akan tampak bergelombang, sehingga buat kamu yang tertarik menggunakan plafon triplek sangat disarankan memilih plafon yang memiliki ketebalan 6 mm.

2. Plafon Gypsum

 

Plafon Gypsum

Plafon ini menjadi plafon paling populer di zaman sekarang, cocok digunakan untuk rumah dengan gaya modern dan semi modern. Jenis plafon ini sangat mudah dipasang dan harganya cukup terjangkau. Selain itu kamu bisa memilih beragam desain plafon gypsum yang beraneka ragam, hasilnya juga sangat rapi dan tidak mengecewakan.

3. Plafon Eternit

 

Plafon Eternit

Plafon eternit juga cukup populer di jaman dahulu, namun di jaman sekarang penggunaannya dibatasi karena memiliki banyak kekurangan khususnya dalam bidang kesehatan. Padahal secara kualitas plafon eternit hampir sama dengan gypsum, selain itu awet tidak mudah rusak terkena panas dan air. Tetapi plafon eternit bisa menyebabkan gangguan pada pernafasan dan penyebab penyakit kanker.

4. Plafon Kayu

 

Plafon Kayu

Plafon kayu memang sudah ada sejak dahulu, tetapi harganya cukup mahal dan membutuhkan pengerjaan yang lama. Namun, dibalik harga mahal kamu tidak akan kecewa dengan kualitas plafon kayu. Kamu akan mendapatkan tampilan yang lebih artistik, tidak akan mudah menyusut, rumah semakin indah dan nyaman serta bisa kamu aplikasikan pada rumah modern dengan konsep natural.

5. Plafon Akustik

 

Plafon Akustik

Buat kamu yang menyukai ketenangan maka plafon akustik bisa menjadi pilihan terbaik. Plafon jenis ini bisa menyerap suara dengan baik, sangat cocok diterapkan pada rumah yang mementingkan privasi.

6. Plafon PVC

 

Plafon PVC

Plafon jenis ini juga cukup populer, memiliki banyak sekali kelebihan di antaranya tahan terhadap api dan air, tidak mudah dimakan rayap, ringan dan ada banyak pilihan warna.

7. Plafon GRC

 

Plafon GRC

Adapun plafon GRC hampir sama dengan plafon eternit, tahan terhadap api dan air namun memiliki ukuran yang lebih besar.

Pilihlah salah satu plafon di atas sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Dan buat kamu yang menyukai ruangan tenang bisa memilih plafon jenis akustik, dapatkan plafon ini di tempat jual plafon akustik di kota besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *