Macam-macam Mesin untuk Pembuatan Plywood

Plywood ialah papan material yang di dalamnya tersusun dari beberapa jenis kayu setelah melalui proses perekatan dan pemampatan tekanan tinggi. Papan jenis ini dikenal juga dengan nama kayu lapis, karena di dalamnya terdiri dari kombinasi lapisan serat kayu dan juga venir atau kulit kayu. Lapisan luar papan ini lebih kuat dibanding lapisan dalamnya, hal ini berfungsi untuk mereduksi tekanan tekuk dan pemuaian. Papan jenis ini tidak mudah ditekuk, tahan terhadap cuaca dan bisa dibentuk untuk berbagai macam furniture rumah.

Mesin Penting Dalam Pembuatan Plywood

Pembuatan Plywood

Jenis papan ini memiliki kelebihan yang banyak dibanding jenis papan lainnya, yaitu lebih kedap terhadap air, lebih kuat jika digunakan sebagai rangka utama dunia mebel dan kuat juga terhadap daya tekuk dan cuaca. Banyaknya kelebihan tersebut maka tidak mengherankan jika jenis papan ini cukup populer di pasaran, banyak orang yang membutuhkan kayu ini untuk dibuat berbagai macam furniture keren. Untuk harga plywood bermacam-macam tergantung dari kualitasnya.Pembuatan jenis papan ini memang cukup ribet, dibutuhkan beberapa mesin yang digunakan untuk mengolah, di antaranya:

1. Pemotong log, merupakan mesin yang memiliki cara kerja sama dengan chain saw, hanya saja jenis mesin ini menggunakan tenaga listrik. Namun, dibeberapa kasus pemotongan tetap menggunakan chain saw dengan bahan bakar bensin 2 tak

2. Mesin pembersih kulit log, jenis mesin ini dikenal juga dengan nama debarker machine. Adalah mesin yang digunakan untuk mengupas kulit kayu, baik kulit kayu yang keras maupun yang lunak, agar cara kerja mesin pengupas lebih maksimal

3. Mesin pengupasan, dikenal dengan nama rotary machine

4. Mesin pengering atau dryer machine

5. mesin pemtong veneer atau veneer clipper

6. Mesin core composer, ialah mesin untuk short core composer dan long core composer.

7. Mesin glue spreader

8. mesin hot press

9. Double saw machine dan double saw and sander machine

10. Mesein dempul dan mesin sensor ketebalan

Proses Pembuatan Plywood

Plywood dikenal dengan nama multipleks, cara pembuatannya yang pertama dengan cara memilih log terlebih dahulu. Log yang bagus berdasarkan diameter dan kelurusannya. Log yang bagus ialah yang terbebas dari mata kayu. Proses selanjutnya ada debarking hingga vinir driying, lalu ada gluing. Ada juga pressing, yaitu lapisan-lapisan vinir diatur di bawah mesin press dengan tekanan yang tinggi hingga mendapatkan ketebalan yang diinginkan. Ketahuilah bahwa sebuah mesin plywood mampu memuat 50 lembar plywood dalam waktu 3 hingga 4 menit sekali tekan. Pressing ini bisa dilakukan dengan jenis lem yang berbeda, namun dilakukan dengan 2 metode yang sama.

Dilanjutkan dengan proses cutting, yaitu lembaran plywood yang sudah kering dipotong sesuaikan dengan ukuran yang standar baik panjang maupun lebar. Pada permukaan akan dihaluskan menggunakan mesin amplas lalu cacat produksi diperbaiki atau dibersihkan, dan langkah terakhir ialah quality control. Pahamilah bahwa pada jenis kayu lapis terdapat beberapa grade, ada grade A, B dan C. Untuk grade A berkualitas tinggi, B standar sedangkan C berkualitas paling rendah. Adapun standar kualitas dilihat dari adanya terkelupas atau overlap vinir, warna dan juga akurasi ketebalannya.

Dengan mengetahui mesin-mesin apa saja yang digunakan, serta proses apa saja yang harus dilakukan maka Anda akan lebih tahu bahwa papan multiplek atau plywood ini dibuat dengan proses yang cukup panjang. Adapun harga plywood murah di temtera.com yang bisa dipilih dengan bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *