2 Faktor Pertimbangan Utama Lantai Vinyl untuk Lapangan Olahraga

Semakin modern peradaban manusia, maka semakin banyak pula perubahan yang terjadi di dalam kehidupan mereka. Jika bertahun lalu kegiatan olahraga misalnya lebih banyak dilakukan di alam atau lapangan terbuka, maka saat ini hal tersebut sudah banyak berubah.

Saat ini kegiatan olahraga lebih banyak dilakukan di dalam ruangan tertutup. Aneka macam aktivitas menjaga kebugaran seperti bermain badminton, futsal, volley  ball, basket dan lain sebagainya, lebih banyak dikakukan di dalam gedung.

Dikarenakan dilakukan di dalam ruangan yang tentu saja memiliki beberapa unsur penting terkait konstruksi, maka fungsi beberapa aspek pendukung terkait arenanya sendiri memiliki peran sangat signifikan. Ketersediaan lantai arena yang memenuhi standar olahraga, penggunaan properti yang tepat dan lain sebagainya, adalah contoh aspek pendukung tersebut.

Nah khusus untuk konstruksi lantai lapangan olahraga dalam gedung, salah satu yang paling direkomendasikan adalah lantai vinyl. Ada sangat banyak manfaat lantai jenis ini sehingga dijadikan sebagai lantai lapangan olahraga.

Berbagai Pertimbangan Vinyl Lantai Ideal untuk Lapangan Olahraga

Pengaplikasian material vinyl sebagai lantai pelapis lapangan olahraga indoor tentu saja melewati serangkaian fit and proper test untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan sejauh ini dengan beragam penerapan kegunaannya sebagai pelapis lapangan olahraga,  pelapis lantai dengan bahan dasar vinyl memiliki reputasi yang sempurna.

Lantas, apa saja manfaat dan juga pertimbangan sebenarnya mengapa kemudian vinyl dikatakan ideal dan sempurna untuk pelapis lapangan olahraga? Berikut ulasannya.

Faktor Keselamatan Atlet

Hal paling utama yang harus dipertimbangkan dari sebuah aktivitas olahraga adalah keselamatan pemainnya atau atletnya sendiri. Semaksimal apa pun risiko sebuah aktivitas olahraga, faktor pendukung sarana dan alat dalam aktivitas olahraga tersebut tetap harus dipertimbangkan dengan optimal.

Bahkan untuk olahraga ekstrim outdoor seperti pendakian gunung, panjat tebing atau base jumping sekali pun yang memiliki risiko sangat tinggi, tetap meletakkan unsur keselamatan atlet sebagai keharusan dari faktor pendukungnya. Hal  ini kemudian dibuktikan dengan standar penggunaan bahan-bahan seperti tali untuk panjat tebing, atau parasut untuk base jumping yang tetap harus sangat sempurna dan tidak membahayakan. Ekstrim adalah risiko aktivitas, bukan peralatan pendukungnya.

Vinyl Lantai untuk Lapangan Olahraga

Sejalan dengan pertimbangan tersebut, maka penggunaan vinyl lantai sebagai pelapis lapangan olahraga juga kurang lebih memiliki pertimbangan yang sama. Kontur dan konstruksi lantai berbahan vinyl secara umum diketahui memiliki risiko yang sangat minim terhadap keselamatan atlet. Aktivitas atlet dalam bentuk berlari, melompat, berguling, atau lainnya tidak akan memiliki risiko signifikan jika dilakukan di atas lantai berbahan vinyl.

Faktor Support dan Standarisasi

Hal kedua yang menjadi pertimbangan penggunaan lantai berbahan vinyl pada lapangan olahraga adalah, standar material ini sendiri sebagai support penting sebuah lapangan olahraga. Support  yang dimaksud di sini dapat berupa sudut pantulan bola saat menyentuh lantai, atau juga berupa kesetaraan kualitas lantai lapangan yang digunakan oleh atlet yang sedang berlaga di arena.

Dengan dua pertimbangan utama ini, maka penggunaan lantai vinyl sebagai pelapis lapangan olahraga semakin ramai dikembangkan. Saat ini, material vinyl tidak hanya diaplikasikan pada pelapis lapangan olahraga modern di kota-kota saja, namun aplikasi bahan ini sudah menyebar ke berbagai pelosok daerah yang menggunakan media lapangan indoor sebagai sarana olahraga mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *