Kombinasi Alumunium dan Kayu , Solusi Cerdas Pilihan Pintu Kamar Mandi yang Awet

Keberadaan pintu sebagai salah satu furniture wajib tidak bisa lepas dari sebuah bangunan. Pintu merupakan akses keluar masuk seseorang dari luar menuju ke dalam ruangan atau dari dalam menuju ke luar. Sebuah bangunan tanpa adanya pintu tentu saja akan menyulitkan penggunanya dalam beraktivitas sekaligus mengurangi kenyamanan.

Alasan Menggunakan Material Kayu dan Alumunium

Karena fungsi pintu sangatlah vital, hal ini membuat banyak orang berfikir panjang serta menimbang-nimbang pilihan dalam memilih pintu dari material yang mana. Setiap ruangan memiliki karakteristik yang berbeda sehingga memerlukan pintu yang berbeda pula. Pintu Aluminium Kamar Mandi sangat cocok sebab materialnya tahan terhadap air sehingga cocok digunakan pada area dengan tingkat kelembapan tinggi.

Jika anda kurang tertarik dengan tampilan aluminium yang terkesan polos dan monoton anda bisa mengkreasikannya dengan berbagai macam bahan misalnya kayu. Aluminium digunakan sebagai frame sedangkan kayu digunakan sebagai daun pintunya terlihat modern namun tetap memiliki kesan klasik dan alami. Apalagi serat alami kayu tampak semakin indah dengan lapisan cat pelitur.

Masalah yang seringkali dialami orang ketika salah memilih pintu untuk kamar mandinya adalah pintu jebol, berjamur, karatan, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan material yang digunakan tak tahan dengan air. Untuk itu pilihlah Pintu Aluminium Kamar Mandi sebagai solusi cerdas atasi masalah pintu cepat rusak dan lapuk akibat air.

Kelebihan dan Kekurangan dari Pintu Aluminium

Kelebihan utama dari pintu aluminium kamar mandi ini adalah tahan air, anti karat dan sangat ringan. Proses pemasangannya sangat mudah bahkan bisa anda lakukan sendiri. Materialnya pun memiliki nilai estetika tersendiri dengan warna khas silver mengkilapnya. Anda bisa mengkreasikan pintu dengan mengaplikasikan cat atau melukisnya.

Material ini sangat mudah ditemukan, harganya relatif jauh lebih murah dengan pilihan jenis ketebalan dan kualitas yang beragam. Anda cukup menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Sayangnya alumunium juga memiliki beberapa kekurangan seperti materialnya yang tipis, dan sangat mudah bunyi ketika pintu dibuka, ditutup, atau terkena benturan.

Suara yang dihasilkan pun cukup nyaring, semakin benturannya keras suaranya pun juga ikut keras. Permukaanya yang halus dan polos tanpa adanya pelindung seperti stiker dan cat sangat rentan terjadi goresan halus jika bergesekan dengan benda lain seperti dinding dan sentuhan tangan manusia. Satu lagi problem yang paling sering adalah material ini gampang sekali peyok.

Karena Pintu Aluminium memiliki beberapa kekurangan yang cukup serius, banyak orang yang mengkreasikannya dengan material lain agar menjadi pintu yang lebih sempurna. Salah satu bahan yang paling populer dan umum digunakan adalah kayu. Penggunaan frame kayu dinilai mampu meredam suara berisik aluminium ketika pintu digerakkan.

Jika ingin memadukan Pintu Aluminium Kamar Mandi dengan kayu sebaiknya memilih kayu yang keras dan kuat serta yang memiliki pori-pori kecil seperti kayu jati.atau glugu. Pastikan kayu yang akan dipasang dalam kondisi benar-benar kering atau memiliki kadar air yang rendah. Hal ini untuk menghindari tumbuh jamur. Setelah itu lapisi kayu dengan cairan anti rayap. Tunggu kering baru kemudian lapisi dengan cat pelitur.

​​​​​​Jika anda menyukai seni anda juga bisa menambahkan beberapa ukiran pada bagian kayu, seperti frame, atau pada daun pintunya. Ukiran cantik yang terbentuk membuat mata yang melihat menjadi senang, dan memberikan efek positif jika dipasang sebagai pintu kamar mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *