Berbagai Keunggulan Menggunakan Partisi Kaca Tempered

Kaca merupakan salah satu jenis material yang sering dipakai, khususnya untuk hunian bergaya minimalis modern. Kaca bisa diaplikasikan menjadi jendela, pintu, sampai partisi. Penggunaan partisi kaca sebagai pembatas ruangan sangatlah bermanfaat pada rumah minimalis. Partisi tersebut mampu membagi ruangan menjadi beberapa bagian secara sempurna, namun di sisi lain juga tidak membuat ruangan terlihat sempit. Mengapa? Karena bersifat tembus pandang, maka cahaya matahari dapat bebas masuk ke dalam rumah.

Selain itu, penggunaan partisi berbahan kaca juga tidak menghalangi jarak pandang. Hal itu membuat ruangan seolah-olah tidak dibatasi oleh partisi, sehingga bisa terlihat lebih luas. Sayangnya masih banyak orang yang masih meragukan ketahanan partisi kaca. Hal itu dikarenakan kaca identik sebagai bahan yang mudah pecah, terlebih jika terkena suhu panas. Padahal ada banyak partisi berbahan kaca yang kuat dan tahan lama. Salah satunya adalah partisi dengan kaca tempered.

Meskipun terlihat sama seperti kaca-kaca pada umumnya, tetapi kualitas serta proses pembuatan kaca tempered sangatlah berbeda. Kaca jenis ini dibentuk dengan melalui proses pemanasan thermal. Sebelum dibentuk, kaca akan dipanaskan sampai mencapai titik lunak pada suhu sekitar 700 derajat celsius. Setelah melalui proses pemanasan, kaca akan memasuki proses pendinginan. Cara ini dilakukan dengan menyemprotkan udara pada kedua permukaan kaca. Walaupun secara kasat mata tidak ada perubahan yang terjadi, tetapi telah terjadi perubahan gaya tarik dan tekan pada kaca ini. Dengan begitu, kaca tempered pun memiliki kelenturan dan kekuatan yang lebih sempurna.

Ini Dia Keunggulan Partisi Kaca Tempered

Partisi berbahan kaca tempered sering digunakan untuk area kantor. Akan tetapi, partisi ini juga sangat cocok dipakai untuk hunian pribadi. Anda bisa menggunakannya untuk area kamar mandi sampai kamar tidur. Untuk Anda yang masih ragu, berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa keunggulan partisi kaca tempered.

1. Tahan Benturan

Karena telah melalui proses khusus, partisi yang menggunakan kaca tempered memiliki ketahanan yang lebih besar. Kaca jenis tempered memiliki kekuatan 4 -5 kali lipat dari kaca biasa. Hal ini membuat partisi berbahan kaca tempered lebih tahan terhadap benturan. Maka Anda tidak perlu takut kaca partisi cepat rusak.

2. Tingkat Keamanan yang Tinggi

Salah satu hal yang paling dikhawatirkan dari penggunaan kaca adalah pecahannya. Jika suatu saat kaca pecah, biasanya pecahan kaca akan berbentuk kepingan dengan sudut tajam. Pecahan inilah yang dapat membahayakan keselamatan. Namun jika Anda menggunakan kaca tempered sebagai bahan partisi, maka keamanan pengguna dapat lebih terjaga. Hal itu dikarenakan kaca jenis ini memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. Ketika kaca pecah, maka pecahan kaca akan membentuk kepingan kecil seperti kerikil tanpa adanya sudut tajam. Dengan begitu, maka risiko cedera serius pun bisa berkurang.

3. Tahan Terhadap Panas

Biasanya jika terpapar suhu yang terlalu panas, kaca bisa menjadi pecah secara tiba-tiba. Tentu saja hal ini sangatlah membahayakan. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan partisi berbahan kaca tempered. Saat terjadi kenaikan suhu, bagian tepi kaca tempered masih tetap dingin. Hal itu bisa mengurangi pemuaian kaca. Maka partisi dengan kaca tempered sangat cocok digunakan untuk area kamar mandi ataupun dapur.

4. Terlihat Lebih Elegan

Penggunaan partisi berbahan kaca juga bisa menambah nilai estetis ruangan. Kaca bisa memberikan kesan modern sekaligus memberikan efek elegan pada ruangan. Tidak perlu khawatir ruangan akan terlihat membosankan, karena partisi dengan kaca tempered hadir dalam berbagai desain dan motif yang menarik. Anda bisa memilih kaca bening, buram, berukir, sampai kaca dengan berbagai warna. Dengan begitu, ruangan pun bisa terlihat indah dengan partisi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *