Ide Menghadirkan Sauna yang Nyaman dan Bermanfaat Bagi Penggunannya

Renovasi hotel yang dilakukan pada ruang sauna sepatutnya dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penggunannya. Sauna  sendiri merupakan sebuah ruangan yang digunakan sebagai tempat relaksasi, detoksasi, dan berbagai keperluan kesehatan yang lain. Ruang sauna memiliki suhu atau sengaja dibuat dengan suhu tinggi agar mampu memperlancar aliran darah serta mengeluarkan racun dari tubuh. Racun keluar bersamaan dengan keringat yang mengucur deras.

Beberapa hotel berbintang dan ternama pasti memberikan fasilitas sauna bagi para pengunjungnya. Sauna dibuat dengan desain dan model yang berbeda-beda. Secara umum, sauna dibedakan menjadi dua macam. Sauna alami dan sauna inframerah. Perbedaan dari kedua sauna ini adalah pada sumber panas yang dihasilkan. Pada proses penataan ruangan sauna hotel maka para penyedia jasa kontraktor menyesuaikan tema dan kebutuhan. Berikut ini penataan sauna yang nyaman.

Satu Ruangan Dengan Kamar Mandi

Sauna digunakan untuk relaksasi penghuni hotel. Pada kamar hotel kelas tinggi biasanya disediakan sauna didalam kamar mandi. Sauna ini bisa digunakan dengan nyaman tanpa harus Bersama-sama dengan penghuni hotel lain. Ukuran ruangan sauna bisa dibuat dengan ukuran 1×2 meter persegi. Ukuran ini sudah cukup untuk digunakan beberapa orang sesuai penghuni kamar.

Baca juga: Mengintip Rahasia Pengaturan Ruang Kerja yang Sehat

Ruangan sauna dibuat tertutup dan mengedepankan unsur kayu didalamnya. Sauna dibuat tertutup. Ruangan dibuat tertutup dengan tujuan tidak ada udara yang keluar. Hal ini membuat suhu didalam sauna stabil karena uap air tidak keluar kemana-mana.

Ruangan Khusus Sauna

Sauna biasanya satu paket dengan spa. Jadi tidak heran kalau sauna dibuat ruangan sendiri dengan penataan menyerupai panti pijat. Setelah selesai melakukan sauna maka pengunjung bisa melanjutkan dengan spa atau sebaliknya. Sauna dipadukan dengan berbagai benda alam seperti bebatuan dan kayu.

Untuk mendapatkan ruangan sauna yang memberikan kenyamanan kepada pengunjung maka dapat dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Fasilitas seperti tempat duduk dan lampu sauna menjadi hal yang wajib ada. Lilin serta gayung juga menjadi fasilitas yang sebaiknya berada diruang sauna.

Sauna pada hotel atau tempat lain biasa dibuat dengan mengedepankan unsur kayu. Kayu mampu menambah suasana hangat dan harum ruangan. Kayu yang digunakan bukanlah sembarang kayu. Hanya kayu yang memiliki serat padat dan pori-pori kecil. Kayu seperti ini akan mampu menahan udara lembab berupa uap air. Kayu juga akan awet dan tidak mudah rapuh.

Penataan ruang sauna juga tidak bisa dilepaskan dari pencahayaan. Lampu sauna tidak dibuat dengan begitu terang. Sauna dibuat untuk menghangatkan badan. Maka penataan juga harus mendukung kehangatan yang dibuat. Lampu yang digunakan pada sauna berwarna kuning dan agak remang-remang. Warna kuning mampu menambah kesan hangat pada ruang sauna.

Ruangan akan semakin bagus dan unik ketika dilengkapi dengan lilin didalamnya. Lilin memiliki api dan api inilah yang akan menambah suhu udara didalam ruangan. Setelah keringat keluar banyak maka pengunjung pasti membutuhkan tempat bilas. Pengunjung butuh untuk membersihkan badan dari keringat yang bau.

Posisikan kamar mandi atau kamar bilas dekat dengan sauna. Kamar mandi atau kamar bilas ini dapat dimanfaatkan pengunjung. Keringat yang keluar dapat dibersihkan didalam kamar mandi. Jadi pengunjung dapat kembali kekamar hotel dalam keadaan lebih segar dan sudah bersih. Demikian ulasan mengenai penataan ruang sauna dihotel. Semoga dapat memberikan manfaat positif bagi pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *