Dua Alasan Utama Penggunaan Folding Door Dalam Konstruksi Modern

Sebagai salah satu bagian utama dalam kebutuhan kontsruksi bangunan yang bersifat komersial seperti pertokoan, harga folding door dapat dikatakan sudah cukup terjangkau oleh masyarakat luas. Sehingga dampaknya kemudian adalah, bahwa folding door sekarang tidak hanya digunakan pada jenis banguan komersial saja. Bahkan untuk kebutuhan rumah pribadi, tidak menutup kemungkinan masyarakat akan memilih folding door sebagai opsi pintu mereka.

Dibandingkan dengan jenis pintu lain, folding door memang memiliki beragam kelebihan. Namun di antara demikian banyak kelebihan dan keunggulan yang dimilikinya,  folding door atau pintu harmonika, atau kadang disebut pula sebagai pintu lipat setidaknya memiliki dua aspek utama yang paling signifikan. Dan dua alasan ini pula-lah yang menjadi pertimbangan masyarakat dalam memilih akses sebuah bangunan menggunakan folding door.

Apa saja dua aspek utama tersebut? Berikut akan kita uraikan lebih lanjut.

Aspek keamananan dan perlindungan

Keamanan adalah alasan utama mengapa folding door atau pintu harmonika banyak dipilih oleh masyarakat.  Dibandingkan jenis pintu konvensional dengan daun pintu dan juga gagang pintu yang umumnya terbuat dari kayu, jelas bahwa bahwa folding door memiliki pertahanan yang jauh lebih baik. Jika pintu kayu memiliki kemungkinan untuk dapat dibobol oleh oknum pencuri, maka folding door memiliki kesulitan yang lebih maksimal untuk dapat dibobol dengan mudah.

Meskipun dari sisi biaya, folding door tegolong lebih tinggi jika dibandingkan dengan pintu kayu biasa. Namun kapasitas perlindungan keamanan yang ditawarkannya membuat pintu jenis ini tetap menjadi primadona. Kemalingan karena perlindungan yang tidak maksimal jauh lebih menyakitkan daripada mengeluarkan biaya sedikit lebih banyak guna mendapatkan ekstra proteksi. Dan alasan itu merupakan logika masyarakat paling sedehana dalam memilih folding door.

Aspek Tata Ruang dan Estetika

Folding Door

Alasan selanjutnya yang menjadi pertimbangan utama mengapa folding door lebih banyak digunakan dalam konstruksi perumahan modern adalah karena nilai estetika yang  ada didalamnya. Ruko, toko, perkantoran, atau bahkan garasi rumah tinggal biasa yang dipasangi dengan pintu lipat berupa folding door harmonika, akan terkesan lebih megah dan besar. Dan ini membuat kesan modern bangunannya semakin terasa.

Sisi lain estetika folding door adalah pintu jenis ini yang sangat sedikit memakan space.  Jadi dengan denah ruang yang tidak begitu lebar, folding door menjadi solusi terbaik untuk tetap mendapatkan kesan luas yang terbatas oleh penyekat daun pintu. Bandingkan kelebihan ini dengan jenis pintu lain yang membutuhkan lebih banyak ruang hanya untuk menampung daun pintunya saja.

Dengan dibutuhkan lingkup ruang yang lebih sedikit dibandingkan jenis pintu konvensional, maka jelas untuk rumah-rumah minimalias  yang luas lahan adalah sesuatu yang ketat dan sulit diperoleh, maka folding door adalah pilihan yang lebih menarik. Selain dapat menghemat tempat dan penggunaan ruang, folding door dari sisi estetika juga menjadikan bangunan terkesan lebih besar dan megah.

Kombinasi antara maksimal perlindungan yang bisa didapatkan serta nilai estetikanya pada bangunan, menjadi alasan utaa mengapa folding door atau pintu harmonika semakin diminati. Dewasa ini ketika tren bangunan modern minimalis menjadi marak sebagai jawaban atas tingginya harga ruang yang ada, maka penggunaan folding door yang sudah cukup terjangkau memang telah menjadi jalan keluar yang paling bijaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *