Cari Tahu Cara Memasang Partisi Movable Dengan 5 Tips Mudah Berikut!

Partisi  adalah pembatas ruangan yang digunakan untuk menyekat antar area yang satu dengan lainnya. Seiring perkembangannya, bentuk partisi mulai bervariasi dengan bahan yang semakin berkualitas dan bentuknya yang menarik. Salah satunya adalah movable partition yang penggunaannya lebih praktis dibandingkan dengan partisi lainnya. Namun cara pemasangan partisi ini sedikit berbeda dengan yang lain, sehingga membutuhkan pekerja khusus yang sudah memiliki keahlian.

5 Langkah Memasang Partisi Movable

Walaupun pemasangan partisi ini harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman, namun tidak ada salahnya untuk mengetahuinya secara umum. Hal ini akan bermanfaat untuk mengawasi proses pemasangan partisi di ruangan anda agar sesuai standar, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan

1.Memilih Desain Sesuai Ruangan

 

Sesuai Ruangan

Sebelum memutuskan untuk memasang partisi movable, maka anda wajib menentukan desain yang akan digunakan. Misalnya memilih warna netral untuk ruangan yang bersifat formal, serta menggunakan bahan waterproof untuk lokasi bangunan yang berada di area lembab.  Jika pemilihan desain tidak diperhatikan dengan baik sebelum melakukan pemasangan, maka dikhawatirkan akan mengurangi fungsi dari partisi.

2.Menentukan Ukuran

 

Menentukan Ukuran

Salah satu alasan pentingnya menggunakan jasa pasang movable partition adalah untuk memberikan hasil yang maksimal dan profesional. Salah satu proses penting yang harus dilakukan dengan teliti serta membutuhkan keahlian adalah menentukan ukuran. Kesesuaian panjang antara partisi movable dengan rel sangat penting, agar ruang yang ingin dibatasi bisa tertutup sempurna dan tidak terlalu rapat sehingga fungsi dari partisi bisa lebih maksimal.

3.Memasang Roda dan Rel Besi

 

Roda dan Rel Besi

Setelah ukuran ditentukan, barulah proses pengerjaan bisa dilakukan, diawali dari pemasangan aksesoris pendukung partisi yakni roda dan rel besi. Untuk partisi geser, maka pada rel bagian atas harus dipasang tepat di bawah balok gantung yang sebelumnya sudah di cor. Hal ini dilakukan untuk memperkokoh rel dan menghindari kemungkinan melengkung akibat penyusutan.

4.Memasang Pintu Partisi

 

4.Memasang Pintu Partisi

Memasang partisi merupakan proses inti dari semua pengerjaan yang sudah dilakukan, dimana pemasangan pintu tidak akan bisa dilakukan sebelum melalui tahap sebelumnya. Jika proses sebelumnya tidak dilakukan dengan baik, maka pintu tidak akan bisa terpasang dengan posisi yang sempurna. Oleh karena itu, penggunaan jasa pasang movable partition menjadi sangat penting untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan

5.Memasang Bahan Kedap Suara Jika Dibutuhkan

 

Bahan Kedap Suara

Langkah ini tidak wajib dalam pemasangan partisi movable, namun jika ingin memiliki fungsi yang kedap suara dalam partisi maka pelapisan bahan ini bisa dilakukan agar privasi ruangan bisa terjamin ketika diperlukan. Banyak bahan yang bisa digunakan sesuai kebutuhan dan jenis partisi movable, mulai dari kain, hingga busa. Pastikan semua bagian partisi dilapisi dengan bahan ini, dan tidak ada cela yang menimbulkan suara masih terdengar dari luar.

Walaupun terlihat mudah, namun proses pemasangan partisi ini tidak bisa dilakukan sembarangan, apalagi oleh mereka yang tidak berpengalaman. Kalaupun anda ingin menerapkan 5 langkah di atas untuk memasang movable partition, alangkah baiknya jika didampingi oleh pekerja yang sudah ahli dibidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *