Intip Cara Mudah Mengatasi Keretakan Pada Gypsum!

Seperti yang kita ketahui beberapa bahan material seperti gypsum memang sering digunakan sebagai lapisan-lapisan pada dinding, plafon dan juga bahan dasar pembuatan ornamen. Akan tetapi setiap bahan material pasti dapat mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut terjadi dikarenakan sifat gypsum yang tidak dapat menahan hantaman yang terlalu kuat atau dapat dikatakan hanya mampu menahan hantaman dari benturan dengan kekuatan tertentu saja. Kerusakan yang dimaksud dapat berupa retakan-retakan pada dinding gypsum yang kecil sampai keretakan yang cukup merusak. Kondisi seperti ini tentu sangat mengkhawatirkan. Kita tentunya akan mencari cara supaya dapat mengatasi dan memperbaiki keadaan seperti itu. Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan saat partisi gypsum mengalami keretakan kecil. Penasaran? simak cara-caranya berikut ini.

Cara Mudah Mengatasi Keretakan Pada Gypsum

Cara Mudah Mengatasi Keretakan Pada Gypsum!

Kondisi cuaca yang ekstrem kadang menjadi salah satu penyebab gypsum menjadi mudah rapuh. Jika keadaan ini terus menerus dibiarkan, maka akan semakin memperparah kerusakan yang ada. Lalu? perlukah menggantinya dengan gypsum yang baru? Jawabannya adalah tidak. Retak pada gypsum dapat diatasi hanya dengan menutupi atau melapisi bagian yang retak dengan bahan semen putih atau gypsum bubuk yang sudah ditambahkan air beserta campuran bahan khusus. Bahan tersebut adalah campuran bahan compound. Bahan ini dapat dengan mudah ditemukan diberbagai toko yang menjual perlengkapan bahan bangunan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan peralatan lainnya. Setelah semua bahan dan peralatan siap, maka anda dapat melakukan langkah-langkahnya berikut ini.

Mengukur bagian yang retak

Mengukur bagian yang retak ini menjadi penting untuk mengetahui dan dapat memperkirakan seberapa banyak bahan yang diperlukan. Anda dapat mengukurnya dengan menggunakan penggaris kemudian dilanjutkan dengan menghitung jumlah bahan yang akan digunakan. Ini akan membuat bahan tidak terbuang sia-sia atau menjadi mubazir.

Melapisi bagian yang retak

Langkah selanjutnya adalah dengan mulai melapisi bagian gypsum yang retak. Jangan lupa untuk menambahkan campuran compound. Campuran ini memiliki fungsi untuk sebagai perekat yang kuat. Lapisi secara perlahan sampai bagian yang retak mulai tertutup dengan baik. Jangan lupa untuk melapisinya secara merata dan berulang kali untuk hasil yang maksimal.

Menghaluskan bagian yang telah dilapisi

Biasanya, setelah anda membuat lapisan demi lapisan pada partisi gypsum yang retak tersebut, maka ada saja bagian-bagian yang tidak rata. Bagian yang tidak rata ini kemudian menjadi terlihat agak menonjol dan sedikit mengurangi nilai estetikanya. Oleh karena itu, anda dapat menghaluskan permukaannya dengan menggunakan amplas. Lakukan cara ini secara perlahan dan jangan tergesa-gesa agar tidak merusak lapisannya. Jika permukaan lapisan tersebut sudah terasa halus maka anda dapat menghentikannya. Gunakan amplas halus yang biasa digunakan untuk gypsum.

Oke teman-teman, itu tadi beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan dengan mudah apabila dinding gypsum anda mengalami keretakan. Anda dapat menggunakan cara di atas selangkah demi selangkah saat hendak memperbaiki dinding gypsum anda. Jangan lupa untuk tetap memerhatikan kualitas bahan yang digunakan, karena akan berpengaruh kepada hasil yang diperoleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *