Buat Ruangan Tampil Beda Dengan Pintu Geser? Pertimbangkan Dulu Masalah yang Sering Terjadi Pada Pintu Ini!

Pintu geser atau sliding door merupakan salah satu inovasi yang lebih memudahkan kita dalam membuka dan menutup pintu. Fitur pintu geser ini juga akan terasa lebih simple, praktis dan unik. Karenanya penggunaan pintu ini kini semakin banyak dipilih. Oleh sebab itu pula tidak heran jika harga pintu geser dibandrol lebih mahal dari pada pintu biasa. Namun, penggunaan pintu geser juga memiliki beberapa kekerungan, yaitu sering mengalami masalah.

Masalah Pintu Geser yang Sering Terjadi

Penggunaan pintu geser akan memberikan suasana yang berbeda layaknya rumah-rumah di Jepang dan Korea. Pintu geser memang akan memberikan suasana yang berbeda ketika memakai pintu biasa. Namun, terkadang pintu geser ini mengalami beberapa masalah. Masalah-masalah yang sering terjadi pada pintu geser adalah:

1. Pengait Pintu Geser Rusak

Tanpa kita sadari terkadang kita terlalu keras dalam membuka maupun menutup pintu geser ini terlalu sering. Akibatnya pengait pada pintu geser ini akan rusak, sehingga pintu tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu dorongan yang keras antara pinggir pintu juga dapat merusak pengait pintu ini.

Dorongan keras tersebut akan menimbulkan sebuah benturan yang membuat pintu tidak tertutup dengan sempurna. Oleh karena itu, saat anda memilih untuk menggunakan pintu geser sebaiknya buka dan tutup pintu tersebut dengan perlahan. Janganlah membuka dan menutup pintu geser dengan terburu-buru

2. Bagian Bawah Pintu Geser Sering Kotor

Pintu geser mempunyai bagian tersendiri untuk tempat jalannya pintu geser yang disebut dengan rel. Namun, sering kita temui bagian bawah pintu geser ini akan terdapat banyak kotoran, sehingga dapat menyumbat jalannya pintu geser tersebut. Akibatnya pintu geser ini akan terasa berat untuk didorong. Oleh karena itu anda harus rutin untuk menyecek kebersihan pada bagian ini, agar kotoran tidak menumpuk.

Baca juga: Daftar Harga Semen Tiga Roda Lengkap dengan Jenisnya

3. Dorongan Terhambat

Masalah yang sering sekali dialami oleh pintu geser adalah dorongannya terhambat. Biasanya hal ini akan mudah diselesaikan dengan penggunaan pelumas pintu geser. Namun, jika anda terlalu banyak menggunakan pelumas ini, justru akan membuat kotoran menumpuk semakin banyak dibagian relnya. Maka, gunakanlah pelumas secukupnya sembari rutin membersihkan rel bagian bawahnya tersebut, sehingga masalah dorongan terhambat tidak akan anda alami.

Tips Menjaga Funsionalitas Pintu Geser

Harga sliding door yang lebih mahal dari pintu biasa membuat para pengguna pintu ini harus berhati-hati dan merawatnya agar tidak cepat rusak. Nah bagaimana tips untuk merawat sliding door ini? Simak tips di bawah ini:

1.Gunakanlah material sliding door yang berkualitas agar keawetannya tetap terjaga. Terlebih jika sliding door terbuat dari kayu, maka pilihlah bahan kayu yang berkualitas.

2.Buka dan tutup pintu geser dengan pelan-pelan agar tidak terjadi benturan yang terlalu keras.

3.Jangan menggunakan gemuk atau pelumas rel sliding door terlalu banyak, karena akan membuatnya relnya sangat licin dan menimbulkan banyak kotoran yang menempel

4.Rutinlah dalam membersihkan rel pintu dorong ini agar tidak ada kotoran yang membandel. Sehingga anda tidak akan kewalahan jika suatu saat kotoran begitu menumpuk. Usahakan bersihkan rel tersebut 2 kali dalam sebulan, agar memudahkan anda dalam membersihkannya.

Nah, itulah masalah-masalah yang sering dialami oleh pintu geser atau sliding door. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, telah disediakan beberapa tips untuk menghindari masalah tersebut. Maka, jagalah pintu anda agar tetap awet. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *