Bosan Dengan Kaca Tembus Pandang? Intip Solusi Agar Kaca Jendela Tampak Lebih Menarik dan Nyaman

Kaca merupakan salah satu aspek penting dalam konstruksi rumah. Selain berfungsi sebagai jendela untuk melihat keluar ruangan, kaca juga bisa berfungsi menjadi pelindung, hiasan sekaligus pintu dirumah. Kaca juga memungkinkan cahaya dari luar untuk masuk kedalam ruangan. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang memilih kaca sebagai material bangunan, baik sebagai pintu, partisi hingga tangga. Pengunaan kaca juga memberikan kesan luas pada sebuah ruang yang sempit, sekaligus memaksimalkan pemandangan di luar ruangan.

KACA TAMPAK LEBIH NYAMAN DAN CANTIK DENGAN STICKER FILM

Namun tidak semua orang menyukai tampilan kaca polos yang tembus pandang. Ada pula orang yang menginkan variasi hiasan pada kaca agar tidak terkesan monoton ataupun privasi agar orang luar tidak bisa melihat secara jelas apa yang kita lakukan di balik kaca. Solusi untuk hal ini adalah menggunakan sticker film. Apa yang dimaksud dengan sticker film? Seperti apa jenisnya? Bagaimana pemasangannya? Dalam artikel ini, kami akan mengupas tuntas tentang sticker film yang bisa dijadikan pertimbangan untuk hiasan kaca jendela Anda.

Apa Itu Sticker Film?

Sticker film ada tempelan pada kaca yang bertujuan untuk menutupi kaca polos yang transparan agar tidak tembus pandang. Meski begitu, cahaya masih tetap bisa menembus masuk ke dalam ruangan. Biasanya sticker film digunakan pada kaca shower sehingga orang di dalamnya tidak akan terlihat dengan jelas dari luar. Sticker film juga bisa digunakan sebagai penghias pintu kaca dengan cara men-cutting sticker sesuai bentuk yang diinginkan sehingga menciptakan tampilan menarik pada kaca.

Jenis-Jenis Sticker Film

Sticker film sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa Anda piliih sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin bisa menikmati pemandangan luar dari dalam ruangan tapi juga tetap menjaga privasi, maka Anda bisa memilih one way sticker polos. Sticker ini memungkinkan Anda melihat dari dalam ruangan keluar jendela, namun bagi orang-orang yang berada diluar ruangan, mereka hanya akan melihat pantulan diri mereka, hal ini dikarenakan sticker ini bertindak sebagai cermin bagi orang yang berada diluar. Sticker ini seringkali dipakai untuk kaca jendela mobil.

Sticker one way sendiri mempunyai jenis lain, yang mana texture permukaan sticker ini bolong-bolong. Sticker ini cocok digunakan dan dipasang pada partisi kaca kantor atau toko. Biasanya bagian sticke yang menghadap keluar dipasangi gambar atau tulisan seperti nama toko dan sejenisnya, sehingga bagi orang yang melihat dari luar, mata akan tertuju pada tulisan pada sticker. Sementara penghuni didalamnya bisa melihat pemandangan luar secara bebas.

Jenis sticker film lainnya ada sandblast. Berbeda dengan one way sticker, sandblast secara sepenuhnya menghalangi pemandangan kaca yang transparan baik dari luar maupun dari dalam. Sticker ini juga menghalau sinar panas matahari kedalam ruangan. Sticker ini juga bisa digunakan untuk memberikan kesan cantik pada kaca dengan melakukan cutting bentuk sesuai keinginan.

 

Jenis-Jenis Sticker Film

Bagaimana Pemasangan Sticker Film?

Pemasangan sticker film bukanlah hal yang sulit. Kaca pertama-tama harus dipastikan bersih dengan disemprot dengan air berisi sabun. Setelah mengerik air dari kaca, maka sticker siap untuk ditempelkan. Jika Anda menginginkan adanya dekorasi pada sticker, maka cutting akan dilakukan pada saat sticker telah menempel pada kaca. Meski terlihat simple dan mudah, pemasangan sticker hendaknya dilakukan oleh ahlinya yang profesional. Hal ini dilakukan agar hasil dari pemasangan sticker atau cutting menjadi lebih maksimal dan bebas dari kesalahan.

Demikianlah ulasan mengenai penggunaan sticker film pada material kaca di rumah Anda. Menggunakan sticker yang tepat dan sesuai kebutuhan bukan hanya mempercantik ruangan tapi juga membuat Anda sebagai penghuni bisa tinggal dengan rasa aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *