Berbagai Jenis Lantai yang Umum Digunakan Selain Keramik

Meski tak terlihat secara langsung apalagi dari jalanan, keberadaan lantai penting demi kesehatan dan kenyamanan para penghuni rumah. Di negara tropis seperti di Indonesia, lantai yang masih berupa tanah dapat dengan cepat meningkatkan kelembapan yang berisiko bagi para penghuni. Untuk mengantisipasi hal tersebut, lantai kemudian dibuat dalam bentuk semen, ubin tegel, keramik, batu marmer, kayu, maupun vinyl. Berbagai terobosan dalam dunia lantai ini tidak saja menciptakan kenyamanan tetapi juga keindahan pada hunian tersebut.

Sebelumnya, lantai dibuat dari susunan batu datar yang umum digunakan sejak zaman Babilonia. Saat itu batu tidak hanya dimanfaatkan untuk lantai, tetapi juga berbagai jalan di seluruh negeri. Setelah ditemukannya semen, lantai kemudian dibentuk dari bahan tersebut yang dapat menutup seluruh permukaan dan dapat diperhalus. Lantai ini jauh lebih baik daripada lantai batu. Meski lebih bagus daripada lantai batu, lantai semen termasuk kurang memadai karena berefek gelap dan kusam. Secara berangsur-angsur, teknologi lantai terus berkembang dengan berbagai jenis bahan dan varian motif yang indah termasuk ubin sintetis seperti vinyl lantai .

Jenis Lantai Selain Keramik

Seperti halnya material bangunan lainnya yang umumnya mengalami evolusi dan perkembangan bahan serta material pembuatnya, komponen lantaipun mengalami perkembangan yang sama. Keindahan ubin lantai hunian yang kita kenal selama ini telah mengalami perubahan panjang sejak pertama kali digunakan dalam bentuk batu-batu kasar yang tersusun. Artikel mengenai hunian kali ini akan mengulas tentang ubin dan jenisnya yang umum digunakan.

1. Ubin Tegel

Jenis Lantai yang Umum Digunakan Selain Keramik

Lantai ubin tegel terbuat dari campuran semen dan pasir yang dicetak dengan pola dan warna tertentu. Lantai jenis ini umum digunakan pada zaman kolonial yang memiliki bobot lumayan berat. Meski sekarang jarang digunakan, tetapi keberadaan ubin tegel masih diperlukan karena pilihan harganya yang lebih murah daripada lantai keramik.

2. Terrazo

Jenis Lantai yang Umum Digunakan Selain Keramik

Terrazo merupakan jenis ubin yang terbuat dari limbah batu marmer yang dihaluskan dan dipadatkan. Diperlukan langkah kerja yang sedikit rumit, terutama dalam hal penghalusan untuk mendapat hasil yang halus dan mengkilap. Ubin jenis ini umum digunakan untuk menciptakan unsur mewah layaknya marmer dengan anggaran yang lebih murah.

3. Marmer

Jenis Lantai yang Umum Digunakan Selain Keramik

Marmer merupakan jenis ubin yang terbuat dari batu pualam utuh yang dipotong sesuai ukuran pada lantai. Ubin jenis ini tidak diproduksi pabrik, melainkan dipotong langsung dari batu pualam yang ada di alam. Tak heran jenis ubin ini sangat mahal karena kesulitan mendapatkannya dan pengaplikasiannya. Lantai yang menggunakan ubin jenis ini sangat mewah dan sejuk. Ubin ini dapat mereduksi panas serta mudah dibersihkan.

4. Batu

Jenis Lantai yang Umum Digunakan Selain Keramik

Tidak semua ubin berbasis lantai bermotif halus dan mengkilap, pada beberapa bagian rumah dibutuhkan jenis ubin yang sesuai dengan karakter bagian rumah itu. Seperti kamar mandi, taman, dan teras. Ubin batu sangat cocok diaplikasikan di taman atau garasi termasuk kamar mandi karena kekuatan dan tekstur pada ubin tersebut. Bentuk alami pada tekstur batu ini menambah kesan natural yang eksotis.

5. Vinyl

Jenis Lantai yang Umum Digunakan Selain Keramik

Ubin vinyl atau vinyl lantai merupakan jenis ubin generasi terbaru yang mampu meniru ubin alami. Ubin sintentis hasil pabrikasi ini memiliki pola dan corak beragam yang umumnya meniru pada pola ubin umumnya, seperti ubin kayu, ubin marmer, atau ubin pola dekoratif. Ubin jenis ini sedang banyak diminati karena kemudahan dalam pemasangan serta kemurahan dalam harga. Hasil yang ditampilkan pada ubin ini berupa kemewahan dan keindahan layaknya ubin alami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *