Belum Tahu Apa Saja Sistem Kemanan Pada Lift? Ini Dia Penjelasannya!

Lift merupakan alat yang sengaja diciptakan untuk dapat mengangkut manusia ataupun barang secara vertikal agar lebih cepat dan mudah. Lift banyak digunakan di gedung – gedung tinggi seperti kantor, rumah sakit, mall dan lain sebagainya yang memiliki lantai banyak. Tidak hanya itu, lift saat ini juga banyak digunakan digunakan pada rumah – rumah.

Mengingat tempat – tempat yang menggunakan lift adalah tempat tang strategis dan digunakan oleh banyak orang membuat penggamanan pada lift haruslah baik. Kontraktor ME akan membuat lift dapat digunakan secara otomatis dimana dalam pengendaliannya tidak perlu campur tanggan dari orang lain lagi. Oleh karena itu, dikarenakan lift dapat beroperasi otomatis membuat lift harus memiliki sistem keamanan khusus.

Sistem Keamanan yang Ada Pada Lift

Ada beberapa alat keamanan yang wajib ada pada lift agar hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir bahkan dihindari. Lalu apa saja sistem keamanan yang ada pada lift? Sistem pengamanan pada lift meliputi hal – hal sebagai berikut :

1. Alat Gevernor

Alat yang digunakan sebagai pengatur kecepatan pada lift ini memiliki dua jenis yang harus diketahui. Gevernor memiliki dua jenis antara lain gevernor yang cara kerjanya dapat dilakukan secara mekanik dan juga mekanis. Mengingat gevernor memiliki dua jenis sistem keamanan membuat pemasangan alat satu ini harusnya dilakukan secara paralel di bawah kabin lift yang digunakan.

2. Sensor Overload

Sensor overload sangatlah penting digunakan sebagai sistem keamanan lift. Hal ini dikarenakan sensor overload akan mendeteksi berat makasimal lift dalam mengangkut manusia ataupun barang. Di mana jika lift penuh atau berat sudah mencapai kapasitas, maka sensor overload akan mengeluarkan bunyi yang mana akan mengurangi resiko tali baja yang menopang lift putus.

3. Emergency Switch

Emergency swich adalah alat yang hanya dapat digunakan ketika dalam keadaan darurat saja. Emergency switch dapat digunakan secara manual di mana jika kamu terjebak dalam lift atau telah terjadi sesuatu ketika di dalam lift, sistem keamanan lift yang satu ini dapat kamu gunakan untuk meminta pertolongan pada orang setempat.

4. Safety Block

Safety block adalah alat keamanan lift yang paling penting kegunaannya. Safety block merupakan alat yang mampu menahan kabin lift agar tidak jatuh ketika mengalami kelebihan penumpang. Agar safety block dapat digunakan secara maksimal kamu dapat menggunakan jasa instalasi listrik untuk memasang alat ini dengan baik. Dengan memasang safety block skan mengurangi resiko terjadinya korban ketika tali baja lift hendak putus.

5. Sensor Auto Lift

Sensor auto lift merupakan jenis tambahan keamanan yang akan diberikan ketika kamu menaiki lift. Sensor ini akan memberikan rasa aman yang lebih bagi pengguna lift saat ingin menaikinya.

6. Switch Pintu

Sama seperti halnya yang lain, switch pintu ini juga merupakan alat yang penting yang harus ada pada lift. Hal ini dikarenakan switch pintu adalah alat yang mampu memberikan respon terhadap gerakan pada lift, yang bertujuan untuk menghindari kecelakaan sperti terjepit pintu lift dan lain sebagainya.

7. Wire Tention Safety

Sistem keamanan pada lift yang penting selanjutnya adalah wire tention safety. Di mana ketika tali pada lift mengalami masalah yang akan berdampak buruk pada pengguna, wire tention safety dapat langsung mendeteksinya. Hal tersebut yang nantinya akan membuat display dalam lift memberikan tanda bahaya pada pengguna lift.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *