Begini Tips Menjaga Keawetan Partisi Kaca Kesayangan Anda

Keberadaan partisi kaca dalam sebuah bangunan semakin tak bisa dipisahkan. Bukan saja rumah, kantor juga semakin banyak menggunakannya karena memberi kesan lebih mewah, elegan dan bersih. Agar bisa selalu awet memberikan manfaat maksimalnya, tentu perlu dirawat dengan cara yang benar, bagaimana caranya?

Lakukan Ini Agar Partisi Kaca Anda Tahan Lama

Banyak jenis dari partisi berbahanĀ kaca yang sering digunakan dalam ruangan, seperti pintu kaca, pembatas ruangan, dan aksesoris pemanis ruangan. Cara menjaga keawetannya tidak terlalu susah, cukup melakukan beberapa hal di bawah ini dan Anda bisa menikmati keindahannya lebih lama, bahkan bertahun-tahun.

1. Bersihkan Secara Rutin

Bersihkanlah partisi dari kaca secara rutin setiap hari atau minimal dua kali seminggu. Mulai dari membersihkan bagian kaca agar tidak buram dan kotor, menghilangkan debu pada perangkat bawaannya. Lakukan dengan menggunakan cairan pembersih kaca dan kain lap yang menyerap air.

Cara membersihkannya dengan menyemprotkan cairan pada bagian kaca, lalu gosok bagian kaca menggunakan satu sisi kain lap. Kemudian lanjutkan dengan mengeringkan dengan sisi lap yang masih kering sampai kaca kembali bening dan bersih.

2. Jauhkan dari Benda Keras

Ketika Anda menggunakan partisi dari kaca maka pastikan untuk tidak meletakkan benda keras terlalu dekat dengannya. Karena bisa mengakibatkan kaca retak, apalagi jika benda tersebut bertumpu pada partisi tersebut. contohnya sofa, lemari, atau meja dan kursi yang terbuat dari kayu atau bahan keras lainnya.

Contohnya, Anda sebaiknya meletakkan sofa ruang tamu di hadapan pintu kaca pembatas ruang tamu dan ruang keluarga, sedangkan pada sisi kaca cukup letakkan pot bunga atau jadikan kawasan kosong agar kaca tidak terganggu oleh aktivitas Anda. atau jika digunakan di kantor, pastikan untuk tidak meletakkan lemari berkas di samping partisi kaca pembatas ruangan.

3. Jauhkan dari Anak-anak

Ini khusus untuk kaca sebagai partisi yang dipakai pada hunian Anda dan Keluarga. Upayakan untuk mengaplikasikannya di kawasan yang tidak dilewati anak-anak. Atau jika memang digunakan untuk membatasi ruangan, maka berilah objek lain untuk melindungi kaca ketika anak berada di area tersebut.

4. Atasi Buram Segera

Partisi Kaca Tahan Lama

Anda tidak punya waktu untuk melakukan perawatan rutin sehingga partisi dari kaca menjadi buram? Untuk mengembalikan pesonanya dan melanjutkan keawetannya Anda bisa membersihkan dengan rendaman tembakau. Caranya rendam tembakau 30 menit dengan air, lalu gunakanlah air tersebut untuk membersihkan bagian kaca yang sudah buram.

5. Pakai Lapisan Pelindung

Jangan lupa untuk memberi pelindung pada bagian kaca yang dijadikan partisi di rumah atau kantor Anda. misalnya diberi busa pelindung di semua sisinya agar tidak rentan pecah atau melukai orang. atau beri lapisan kedap suara pada partisi pintu kaca, atauĀ  kaca film pada partisi yang dipakai sebagai pembatas ruangan agar tidak mudah tergores.

6. Posisi Terbaik

Letakkanlah partisi dari kaca di tempat terbaik, sehingga kesan elegan yang timbul benar-benar maksimal dan tentunya menjaga keamanan dan keawetan kaca. Contohnya pintu kaca di ruangan meeting kantor, pembatas ruangan kaca gantung, sebaiknya untuk membatasi ruang tamu dengan ruang keluarga.

Dengan melakukan langkah menjaga keawetan partisi kaca di atas, maka Anda tak perlu keluar uang tambahan setelah membeli aksesoris pelengkap interior tersebut. karena bisa dipastikan Anda akan memilikinya untuk jangka waktu yang lama. Tapi kalau Anda mengabaikan hal di atas, bisa jadi hanya beberapa bulan saja Anda merasakan manfaatnya karena sudah buram permanen atau tak menarik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *