5 Jenis Karpet Murah yang Cocok untuk Hunian Kamu

Memasang karpet di ruangan-ruangan tertentu di dalam rumah bagi sebagian orang menjadi sebuah keharusan. Selain berfungsi sebagai alas ruangan, karpet sendiri jika disesuaikan dengan dekorasi ruangannya dapat memberikan kesan nyaman bagi penghuni rumah. Oleh karena itu orang-orang banyak mengaplikasikannya di rumah mereka.

5 Jenis Karpet Cantik dengan Harga Karpet Paling Ekonomis

5 Jenis Karpet Murah

Memilih jenis karpet yang ingin digunakan mungkin perkara yang mudah, karena sekarang ini sudah tersedia berbagai jenis dan pilihan karpet yang cantik dan berkualitas. Namun tidak dipungkiri juga, karpet dengan kualitas yang bagus tentunya dihargai dengan harga jual yang cukup tinggi. Jika pertimbanganmu adalah biaya, berikut ini 5 rekomendasi jenis karpet dengan harga karpet yang murah dan bisa kamu pertimbangkan.

1. Karpet Nilon

Jika kamu nyaman dengan karpet berbahan sintetis, karpet nilon adalah jenis yang paling populer sekarang. Bahannya sendiri sangat fleksibel dan mudah disesuaikan ke berbagai macam bentuk dan pola. Selain itu, karpet jenis nilon mudah dibersihkan dan dikenal awet serta tahan lama.

2. Karpet Olefin

Biasanya karpet ini dikenal juga dengan karpet polypropylene. Memiliki bahan sitentis yang halus, harga karpet olefin ini relatif terbilang murah. Namun karena jenis karpet ini rentan mengalami pemudaran warna, sangat disarankan karpet olefin hanya diaplikasikan pada ruangan yang tidak terlalu sering digunakan, seperti kamar tidur, misalnya.

3. Karpet Polister

Karpet berbahan polister cukup banyak digunakan. Pembentukan bahan polister sendiri berasal dari proses kimiawi, namun meskipun begitu karpet polister tahan terhadap bakteri dan kuman. Bahan polister juga dikenal tahan air dan mudah kering. Kamu tidak butuh perawatan lebih untuk karpet jenis ini.

4. Karpet Akrilik

Karena kemiripannya dari segi fisik, bisa dibilang karpet jenis akrilik adalah versi lain dari karpet wol. Tapi berbeda dengan karpet wol, karpet akrilik ini menggunakan bahan sintetis. Selain mudah dibersihkan, karpet jenis ini juga tahan terhadap air dan tidak mudah luntur. Dari segi keawetan, karpet wol tentunya masih jauh lebih baik dibanding karpet akrilik.

5. Karpet Wol

Sesuai dengan namanya, jenis karpet ini berbahan dasar wol. Sangat lembut dan nyaman untuk diduduki. Karpet wol paling sering digunakan di kamar tidur. Walau harga karpet wol sedikit lebih mahal dibanding empat jenis karpet lainnya, namun jika dirawat dengan baik, karpet ini dapat bertahan hingga puluhan tahun.

Manfaat Lain Penggunaan Karpet

5 Jenis Karpet Murah

Tidak hanya sebagai dekorasi ruangan, karpet memiliki berbagai macam manfaat lain yang bisa kamu pertimbangkan. Apa saja itu? Simak beberapa diantaranya berikut ini, ya.

1. Meredam Suara

Keberadaan karpet mampu meredam suara langkah-langkah kaki penghuni rumah. Semakin tebal karpetnya, semakin kecil suara yang dihasilkan dari langkah kaki tersebut. Berjalan diatas lantai tanpa karpet akan cenderung menimbulkan suara dan kamu mungkin akan merasa terganggu dengannya.

2. Berikan Kesan Hangat

Pengaplikasian karpet akan memberikan kesan yang hangat untuk ruangan kamu. Apalagi jika kamu dalam kondisi lelah sepulang kerja, tentu otot-otot kaki juga butuh alas pijak yang nyaman, bukan? Bahkan sebelum adanya karpetpun, orang-orang di zaman dulu juga sudah menggunakan bulu-bulu hewan untuk alas duduk dan menghangatkan diri.

3. Keamanan untuk Anak-anak

Jika ada anak-anak kecil yang tinggal di rumahmu, memasang karpet akan menjadi keputusan yang sangat tepat. Anak-anak cenderung aktif dan sering berlarian kesana-kemari. Sangat berbahaya jika mereka sampai jatuh atau tersandung diatas lantai tanpa karpet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *