3 Kendala Saat Memasang Partisi yang Harus Dikenali

Mengalami kendala saat memasang partisi? Sebaiknya serahkan pada jasa untuk memasang partisi dengan benar. Jika tidak sekat ruang yang hendak dipasang sewaktu-waktu bisa ambruk. Tapi tidak ada salahnya juga jika ingin berhemat, Anda bisa memasangnya sendiri di rumah atau di kantor.

Cara pasang partisi sebenarnya tidak sulit tergantung dengan bahan partisi yang digunakan. Jenis bahan yang paling mudah dipasang adalah gypsum. Tidak hanya mudah, gypsum juga material yang sangat murah. Di tempat jual partisi gypsum murah, Anda bisa menemukan berbagai macam kualitas gypsum.

Secara umum cara pemasangan gypsum sebagai partisi adalah mengukur ruangan yang akan dipasang partisi. Kemudian potong rangka dan gypsum sesuai ukuran ruangan. Pasang rangka tegak lurus dan kuatkan dengan sekrup.

Setelah rangka selesai, pasangkan gypsum yang telah dipotong. Rekatkan gypsum dengan rangka menggunakan sekrup dan periksa permukaan dengan waterpass. Rekatkan setiap sambungan gypsum menggunakan textile tape. Seringkali, walaupun sudah mengikuti instruksi tersebut, partisi hasilnya tidak lurus, rapi dan bahkan ambruk di kemudian hari.

Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Sebelum memasang sebaiknya Anda mempelajari kendala yang biasanya dihadapi saat pemasangan partisi gypsum.

Kendala yang Muncul Saat Memasang Partisi dan Cara Mengatasinya

 

Kendala yang Muncul Saat Memasang Partisi dan Cara Mengatasinya

Langkah-langkah yang dilakukan saat pemasangan partisi gypsum seolah-olah mudah, namun butuh dua orang untuk memasangnya. Jika terjadi satu kesalahan saja, bisa mengakibatkan kegagalan. Kendala-kendala inilah yang harus dihindari pada saat memasang. Anda mungkin sudah membeli semua peralatan di tempat jual partisi gypsum murah tapi teknik memasang yang benar harus dikuasai.

Ada tiga kendala yang akan diketahui saat Anda memasang. Berikut kendalanya dan cara untuk mengatasinya.

  • Gypsum terlalu kecil dipasang

Masalah ini akan terjadi jika Anda tidak mengukur tempat pemasangan dengan tepat. Antara panjang dan juga lebar baik itu struktur dan juga tempat untuk memasang. Proses pengukuran bisa salah, jika Anda mengambil ukuran pada sisi bagian dalam struktur dan rangka.

Sebaiknya ukuran gypsum disesuaikan dengan ukuran rangka pada sisi bagian luar saja sehingga gypsum yang ditempel tidak terlalu kecil dan menutup semua rangka yang telah dipasang. Gypsum yang terlalu kecil juga akan mempersulit pemasangan skrup nantinya.

  • Sambungan antar gypsum yang menggantung

Semua papan gypsum telah dipasang, tapi ternyata ada bagian yang tampak menggantung. Masalah ini juga dikarenakan salah pengukuran gypsum dari awal. Akhirnya antar sambungan dari gypsum tidak akan terikat kuat. Walaupun nantinya akan diberikan textile tape, gypsum tetap tidak akan membentuk sekat yang kuat.

Cara mengatasinya adalah dengan mengukur ulang setiap rangka gypsum dan tandai bagian mana saja yang nantinya akan diberikan sambungan. Pada bagian tersebut Anda harus mengukur secara presisi. Setidaknya jika terdapat jarak ukurannya tidak lebih dari 0,3 cm.

  • Lembaran gypsum yang robek karena sekrup

Hati-hati saat memasang sekrup pada gypsum karena bisa menimbulkan robekan. Masalah ini kerap kali ditemui mereka yang baru pertama kali memasang partisi gypsum. Bahan gypsum yang keras membuat cara memasang sekrup pun salah.

Retakan kecil yang muncul akan berakibat fatal dan merambat ke bagian lainnya. Menghindari masalah ini sebaiknya saat memasang sekrup pastikan kepala tegak lurus. Lebih cepat dan presisi jika Anda menggunakan bantuan dari bor.

Jadi apakah Anda sudah siap menghadapi berbagai kendala yang bisa muncul? Jika sudah, segera tentukan berapa budget yang akan dikeluarkan untuk membuat partisi gypsum di rumah. Cek harga partisi gypsum terbaru dan juga rangka yang dibutuhkan DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *